Menyiksa Versys-X250 Dalam Event “First Ride Versys-X250 On Tulungagung”! Sangar Kang!!!

aerox

atasaspal.com – Brosis sekalian, bila kemarin A’A membahas tentang kemeriahan dan keseruan dalam event yang bertajuk “First Ride On Tulungagung Versys-X250 Pantai Gemah” yang dipersembahkan oleh Puja Sakti Motor (Kawasaki Tulungagung), maka kali ini A’A akan mengupas tentang impresi yang A’A rasakan saat bercinta mengendarai dan menyiksa Versys-X250 Tourer pada hari minggu 26 Maret 2017 lalu di Tulungagung, yang kira-kira menempuh jarak 80km perjalanan pergi pulang (belum termasuk saat menyiksa sang kuda besi dipantai Gemah). Tentu Panjenengan semua penasaran bagaimana riding position, performa, handling dan semua tentang sang kuda besi. Penasaran? hayuk lanjut membaca…

first-ride-kawasaki-versys-x-250-on-tulungagung

WhatsApp Image 2017-03-28 at 15.06.06

Riding Position Versys-X250

Menggagahi Versys-X250 Tourer yang memang dilahirkan sebagai motor untuk perjalanan jarak jauh, perasaan yang A’A rasakan adalah seolah dibawa melayang menerawang bahwa A’A sedang menggagahi Moge! Ya, Moge! Tangki yang menjulang tinggi dan melebar dibagian depan, serasa membuat kegantengan A’A naik ratusan persen. Aura gagah langsung terpancar kang…

WhatsApp Image 2017-03-28 at 15.11.58

Untuk riding position Versys-X250 ini sangat nyaman, tegak dan rileks hasil sumbangsih dari stang yang lebar dan tinggi. Dan ini terbukti saat A’A mengendarainya sejauh lebih kurang 40 km sekali jalan dan 80an km secara total perjalanan di atasaspal yang melewati berbagai kondisi aspal, A’A tidak merasakan adanya gejala pegal. Mau berkendara sambil duduk ataupun dengan sesekali dengan posisi berdiri, motor ini enak banget… dan pada saat posisi riding berdiri, badan terasa rileks karena tidak perlu menunduk untuk menggapai stang.

WhatsApp Image 2017-03-26 at 20.18.08

Tinggi Jok

Dengan ketinggian jok yang berada pada angka 810mm, A’A yang bertinggi badan 172cm dipaksa untuk jinjit namun masih pada batas yang masih sangat bersahabat. Jadi, ya aman-aman saja walaupun bila ketinggian jok Versys-X250 dibandingkan dengan motor street bike akan terasa jauh lebih tinggi, namun sebenarnya ketinggian jok tersebut masih sangat wajar untuk kategori motor adventure-tourer kang… Lalu jika Panjenengan bertinggi badan dibawah 170cm gimana? apakah ketinggian jok Versys-X250 masih bisa bersahabat?

Menurut pengakuan salah satu peserta Test Ride Versys-X250 di Pantai Gemah yang tinggi tubuh sekitaran 165cm yang A’A tanyai seusai menjajal sang kuda besi penjelajah dari kawasaki tersebut, Do’i mengatakan bahwa butuh effort untuk menggagahi sang kuda besi pada waktu berhenti. Apalagi yang masih hanya mengenal ketinggian motor street bike, namun jika sudah berjalan, aman-aman saja kang… kayak naik motor pada biasanya… hehehehe….

Performa

Untuk performa Versys-X250, yang A’A adalah bahwa mesin turunan Ninja 250 FI yang sudah di remapping ini memiliki output power dan torsi yang lebih besar berbanding sang fairing bike… Ini terbuksi saat A’A pakai melahap tanjakan tinggi, tarikannya mantab dan lebih ngisi. Apalagi pada gigi 1 dan 2… manteb kang… Namun, nafasnya cenderung pendek-pendek, khas motor trail…

WhatsApp Image 2017-03-28 at 15.12.06

Walaupun sepanjang Perjalanan hanya bermain pada angka maksimal 80 km per jam, bukan merupakan suatu halangan untuk A’A bisa menguji tarikan RPM atas dari Versys-X250 Tourer ini. Ketika A’A mencoba membejek gas sang kuda besi, sangat terasa mesin Versys-X250 Tourer ini mulai meraung pada 7000 – 8000 RPM dan membuat reflek untuk langsung mengoper gigi… Padahal, jika kita terus memutar gas lebih dalam lagi, mesin bisa berkitir sampai 13.000 rpm!  So, tidak jadi masalah jikapun throttle terus ditarik sampai limiter bekerja.

WhatsApp Image 2017-03-28 at 15.12.03

Lalu, gimana performa Versys-X250 Tourer saat disiksa di pantai? Performanya luar biasa kang… Nasib baik Pak Ronny Wijaya selaku Owner Puja Sakti Motor (Kawasaki Tulungagung) mempersilahkan sang kuda besi mau diajak bagaimanapun… pokok e seng penting safety kang… Dan tanpa babibu langsung saja A’A gelandang ke Pantai, tepatnya bermain dan mandi air laut!

Melaju sepanjang pantai yang kadang terhantam gelombang ditepian yang terkadang puncratan airnya sampai jauh diatas kepala, nyaris tidak ada gejala limbung! mungkin ini berasal dari sumbangsih bobot sang kuda besi yang lumayan berat bila dibandingkan dengan motor street bike namun masih umum untuk kelas adventure-tourer.

WhatsApp Image 2017-03-26 at 21.24.53

Tidak puas hanya bermain-main dan bermandi-manda air laut, Versys-X250 Tourer A’A bejek untuk berenang dan melintasi muara sungai yang kedalaman normalnya bisa menenggelamkan mesin sang kuda besi ini. Namun penyiksaan terus berlanjut dan semakin ganas…. Hasilnya? Versys-X250 ini masih berdiri dengan gagah sedangkan A’A seakan sudah kehabisan stamina… Nyerah? Enggak, A’A nggak nyerah, cuman berhubung sudah puas menyiksa dan Unit akan dipakai untuk test ride, yaudah langsung menuju ke teman-teman yang sudah bersantai-santai disekitar panggung… Judule Puas banget!

versys TA 16 1

Rem ABS dan Assist slipper clutch

Nah, disini saatnya mencoba dan menguji kinerja salah satu fitur unggulan yakni Rem ABS dan Assist slipper clutch dari Versys-X250 Tourer ini. Yang pertama A’A coba sampaikan terlebih dahulu adalah kinerja rem ABS Versys-X250 Tourer ini. Fitur keselamatan ini jan manteb tenan kang… beberapa kali A’A mencoba menguji kinerjanya dengan melakukan Hard Braking, Rem ABS Bosch brand asal Jerman ini mampu bekerja sesuai ekspektasi awal… lembut dan smooth.

Dan yang kedua, dengan disematkannya fitur ini pada sang kuda besi, pengoperasian kopling jadi sangat lembut alias enteng banget kang… colek dikit dah bekerja sesuai perintah…. Hanya itu sajakah kelebihan assist slipper clutch pada Versys-X250 Tourer ini? enggak kang…. Mau tahu? Disini A’A menguji langsung kinerja assist slipper clutch ini dengan beberapa kali melakukan engine braking saat akan memasuki tikungan dan saat jalanan menurun. Hasilnya smooth banget kang…

Kenapa A’A mengatakan smooth banget? tak lebih karena ketika A’A melakukan down shifting tidak menemui adanya gejala back torque yang berakibat pada ban sliding… Disini dengan adanya assist slipper clutch membuat A’A jauh lebih pede untuk melakukan engine braking saat melibas turunan tajam… tinggal melakukan down shifting (mengoper kegigi yang lebih rendah) dan selanjutnya fitur ini yang akan bekerja, setelah itu engine brake bisa melakukan deselerasi dengan lembut dan rem nggak perlu bekerja terlalu keras. Ujung-ujungnya kita akan semakin nyaman diatas kuda besi kang… hehehehe….

Handling dan Suspensi

Bicara Handling, mungkin Panjenengan semua akan dibuat terkejut oleh si Versys-X250 ini karena kuda besi ini mempunyai handling yang ringan dan nurut banget saat diajak bermanufer menaklukkan tikungan-tikungan yang ada disepanjang perjalanan. Yup, tak diragukan lagi bahwa ini adalah sumbangsih dari frame yang memang benar-benar beda dari Ninja dan mungkin Kawasaki juga memperbaiki Center of gravity sang kuda besi. Beda banget dengan karakter Ninja yang sudah dikenal ‘nakal’ bila diajak belok walaupun menggendong mesin yang identik! nah loh…

Walaupun menjejali Versys-X250 dengan suspensi teleskopik model biasa (bukan USD) dengan ukuran 41 mm, faktanya suspensi sang kuda besi mampu bekerja dengan optimal dalam meredam hantaman jalan berlubang dan juga ketika A’A siksa di Pantai gemah. No Doubt, nyaman banget… Namun, beda suspensi depan beda suspensi belakang…. karakternya berbeda banget kang… Bila bagian depan terasa enak untuk dipakai melibas jalanan ‘keriting’, entah mengapa A’A merasakan suspensi belakangnya agak keras. Apakah ini suatu bentuk kompromi yang diberikan kawasaki kepada sang kuda besi agar mampu stabil ketika dipakai dalam kecepatan tinggi? Mungkin begitu kang….

Konsumsi Bahan Bakar

Dengan hanya melihat pada indikator konsumsi bahan bakar, serta dengan riding style ala harian sepanjang perjalanan, termasuk saat menyiksa sang kuda besi di pantai, A’A mencatatkan pemakaian sekitar 22an km/liter? Boros? nggak juga kang…. karena pas di pantai, sang kuda besi selalu A’A siksa dengan high RPM yang mana tentunya membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih banyak daripada waktu berkendara biasa… Judule, ini kelas 250cc, masa masih pusing soal irit-iritan? hehehehe

Fitur-Fitur Versys-X 250 Tourer

Bicara soal fitur, dengan harga 74 jutaan versi Tourer dan 64 jutaan versi city untuk Tulungagung ( juga Jawa timur dan Bali), Versys-X250 jauh lebih lengkap dari versy city semisal rem LED fog lamps, socket power DC, ABS, crash bar, hand guard, panniers box, dan standar tengah. Ya, fitur-fitur yang sangat berguna. Salut buat kawasaki yang berani all out dalam meracik sang kuda besi. Namun sayang, dari banyaknya fitur-fitur uggulan tersebut, A’A merasa kerja keras kawasaki dalam meracik Versys-X250 Tourer sedikit terciderai oleh material panniers box yang terbuat dari bahan plastik.

Kesimpulan

WhatsApp Image 2017-03-26 at 20.18.07

Setelah menjajal atau lebih tepatnya menyiksa sang kuda besi, A’A ada beberapa kesimpulan yang mungkin bisa membatu brosis dalam mempertimbangkan apakah sang kuda besi layak untuk berada dalam daftar beli Panjenengan… Jujur, sekali melihat, susah untuk menampik pesona sang kuda besi apalagi Anda adalah seorang pecinta Touring city-to-city maupun penggemar touring adventure yang menyukai petualangan dua alam medan jalanan (Off Road dan On Road).

Yang pertama tentunya kenyamanan, Kedua Performa, dan hal-hal yang A’A sudah tulis diatas. Selain itu juga faktor komunitas kawasaki yang terkenal solid. Dan tentunya ajang “First Ride On Tulungagung Versys-X250 Pantai Gemah” sedikit banyak cukup untuk memberi gambaran bagaimana sang kuda besi tersebut! Masih penasaran dengan sosok sang kuda besi? monggo melipir saja ke Dealer Puja Sakti Motor (Kawasaki Tulungagung). Perempatan Gledug ke utara (depan Rumah Sakit Fauziah).

Mega Galeri “First Ride On Tulungagung Versys-X250 Pantai Gemah” menyusul kang…..

Contact Person
Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di 250cc, adventure, kawasaki, komunitas, review, umum dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Menyiksa Versys-X250 Dalam Event “First Ride Versys-X250 On Tulungagung”! Sangar Kang!!!

  1. Aa Ikhwan berkata:

    ajib…luar biasyah

    Suka

  2. Ping balik: Mau Helm Nolan N86 Dan Box SHAD SH39 Gratis Dari Kawasaki? Buruan!!! | atasaspal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s