Seberapa Penting Alexa Untuk Sebuah Blog?

aerox

atasaspal.com – Cak… Seberapa pentingkah peran Alexa Rank untuk sebuah Blog diakhir 2019 ini? Apakah Alexa berpengaruh kepada hasil SERP di Google dan mesin pencari lainnya? Jika pertanyaannya seberapa penting, maka jawabannya terbuka akan ada setifaknya dua versi yakni penting dan tidak penting. Dan sekali lagi apakah Alexa berpengaruh kepada hasil penelusur mesin pencari? Maka dari itu hayuk kita bahas pelan-pelan dan siapkan minuman dan camilannya terlebih dahulu ya…

Namun sebelem mencari jawaban terhadap pertanyaan diatas, alangkah baiknya kita kembali kepada Alexa itu sendiri. Apa itu Alexa dan fungsinya untuk apa. Biar kita nanti lebih enak membahasnya… Ok cak???

Alexa adalah sebuah penyedia jasa data trafik web yang didirikan pada 1996 silam. Alexa me-rangking web-web didunia dan juga berdasarkan Negara. Maka dari itu seiring berjalannya sang waktu, Alexa seolah menjadi sebuah standart pencapaian blog. Semakin kecil angka yang tertera pada rangking Alexa, maka dipercayai makin tinggi pula trafik yang mengalir desar ke web tersebut. Benefitnya? sabar… kita bahas dibawah yak…

Jadi, apakah makin langsing rangking alexa bisa dikatakan otomatis trafik yang mengalir kesebuah web/blog juga semakin besar? Eit tunggu dulu karena soal yang satu ini tidak sepenuhnya benar. What? Iya cak…. Bertahun lamanya berkecimpung sebagai seorang Blogger, naik turun melar dan langsing peringkat Alexa sudah sering A’A alami. Dari hal tersebut, dari peringkat yang awalnya 1 jutaan buntut muda banget hingga terjerembab diangka 7 juta koma sekian, trafik yang masuk ke warung ini ya segitu segitu saja… lebih kurang lah… naik turun pun juga langsam saja…

Lalu gimana sih dengan cara kerja Alexa itu? Apakah hanya menghitung trafik yang masuk? Tidak cak… tidak hanya tentang trafik yang menjadi patameter Alexa dalam menentukan rangking sebuah web / blog. Alexa juga menghitung perilaku-perikalu pengunjung web misalnya berapa lama dia berselancar di Blog kita dan berapa halaman web yang dibuka dan lain-lain… serba detail cak. Lantas dari hitung-hitungan tersebut kemudian Alexa menentukan rangking.

So, kembali ke pertannyaan diatas apakah alexa berpengaruh kepada hasil penelusuran mesin pencari? Jawabannya adalah tidak. Itulah yang A’A percayai karena pada dasarnya dan yang terjadi adalah Alexa mengambil data-data dari mesin pencari dan kemudiannya membuat rangking. Ada diposisi berapa web / blog kita?

Semoga sekelumit tulisan diatas setidaknya bisa membuat kita ngeh tentang Alexa. Dan kita bahas pertanyaan selanjutnya yakni Seberapa penting Alexa untuk sebuah Blog ataupun web? diatas secara basic-nya sudah A’A senggol jawabannya yakni tidak penting dan penting.

Tidak penting karena tidak mempengaruhi hasil di SERP karena faktanya Alexa malah mengambil data dari sana untuk kemudiannya diolah dijadikan rangking. Penting karena Alexa rank ini sudah menjadi perusahaan pemberi rangking web / blog yang menjadi standart pencapaian seorang Blogger dan Blog yang dikelola.

Kata sederhananya adalah dengan memiliki rangking Alexa yang ramping, maka si Blogger akan mempunyai bargaining power yang lebih kuat terhadap infestor yang berminat menjadi sponsor terhadap web ataupun blog yang dikelolanya. Makanya banyak penyedia thema premium untuk blog menjual thema nya include dengan ‘Alexa Friendly’. Juga diluar sana tumbuh menjamur penyedia jasa merampingkan Alexa. Mau paket yang mana tinggal pilih sesuaikan dengan budget.

Itu cara berbayar… namun ada cara tips n trik merampingkan Alexa dengan cepat dan gratis pula. Gimana caranya? buanyak tuh dikolom pencarian google… hahahaha… Misalnya dengan membuat konten berkualitas, mencari backlink yang yahut dan lain sebagainya lain sebagainya. Namun jangan lupakan tentang adanya broken link yang acap kali menjadi momok yang menjengkelkan dalam upaya menaikkan rangking Alexa.

Cara mengetahui dan memperbaiki link rusak gimana? Untuk blog yang udah self host tentu sebuah pekerjaan yang sulit… tinggal serahkan kepada plugin dan taraaaa… namun untuk blog dengan hosting gratisan? kalau ini yang terjadi, aseli berdarah darah cak…. Ups kok meluber sampai kemana-mana nih bahasan… wkwkwk… okelah back to topic…

Dengan mempunyai Alexa rank yang tinggi, maka Blogger mempunyai nilai tawar yang tinggi pula dihadapan calon infestor. Dan ini bukan omong kosong karena diawal bulan ini, disaat rangking Alexa berada pada titik memalukan, seorang teman Blogger dan juga A’A mengalami hal tersebut. Salah satu sponsor datang mengajukan penawaran dengan nilai kontrak yang sama dengan current sign in namun dengan permintaan tambahan service. Lah kok gitu? seharusnya kan nilainya malah naik… hehehe… itulah cak… karena salah satu calon sponsor untuk tahun depan tersebut menjadikan Alexa Rank sebagai patokan. Dari sini udah tahu kan sangat pentingnya Alexa untuk Blogger dan blognya…

Dyar tenan wes ngeneiki… karena semakin kesini harga barang kebutuhan dan juga biaya hidup semakin membengkak eh malah nilai kontrak turun beberapa persen. Aku kudu piye? Namun inilah hidup… suka tidak suka, walaupun rasanya pahit, asin, masam, tawar ataupun manis harus tetap dicerna dan diekskresikan demi keberlangsungan hidup lebih bertenaga, jikapun hal tersebut masih jauh dari hasil, tidak mengapa yang terpenting bisa untuk bertahan hidup… kalaupun hal paling apes terjadi, minimal bisa dijadikan pengganjal perut.

So, menurut mas bro, cacak, bli, abang, agan semua, Alexa Rank itu penting gak menurut panjenengan? monggo corat coretnya dikolom komentar.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di umum dan tag , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Seberapa Penting Alexa Untuk Sebuah Blog?

  1. Setuju Om… Alexa itu tidak berpengaruh pada peringkat di mesin pencari… Bahkan datanya saja diambil dari mesin pencari.

    Tapi ya itu… buat sy pribadi, Alexa sangat penting lantaran punya pengaruh besar pada kepercayaan klien.

    Suka

  2. arie cx berkata:

    aq ora urusan karo alexa lek .. wkwkkw
    ghoib kui

    Suka

  3. indomoto berkata:

    Kalau menurutku penting juga rangking Alexa ini, bukan buat investor, tapi buat advertiser. He he . . .

    Suka

  4. ardiantoyugo berkata:

    hati ambyar, alexa bubar…
    tapi sepertinya mulai naik lagi… semoga…

    Suka

  5. yhardiya berkata:

    Bagiku Saiki penting pak, ge penyemangat..
    Tapi emang betul ranking turun tp traffic sami mawon wkwk.

    Suka

  6. WarungBiker.com berkata:

    buat bergaining iklan,. penting banget alexa. meski sejatinya tidak mewakili jumlah view,. hehehehe

    Suka

  7. WarungBiker.com berkata:

    buat bargain iklan,. pentinglah alexa, meski sesungguhnya tidak mewakili jumlah view,. hehehe

    Suka

  8. motogokil berkata:

    Sekarang tinggal saling bekerjasama untuk sama-sama meningkatkan qualitas blog kita.

    Suka

  9. Ping balik: Penyebab Dan Solusi Alexa Gendut Ambyar Berkeping Keping. | atasaspal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.