Analisa Market : Kenapa Penetrasi Freego Kurang Greget?

aerox

atasaspal.com – FreeGo… motor matic keluarga Bluecore terbaru dari Yamaha. Desain yang fresh ( kalau tidak bisa disebut out of taste dari market ) dan dibekali dengan segudang fitur yang kekinian juga sisi fungsionalitas yang menunjang kehidupan modern. Namun dengan berragamnya fitur dan desain yang disematkan Yamaha terhadap matic kelas menengah ini jika kita melihat geliatnya dijalanan, semua seolah berbanding terbalik karena kehadirannya masih sangat jarang dijumpai. Apakah ini sebuah pertanda kegagalan Yamaha dalam meracik produknya karena market seolah enggan melirik? Eit… tunggu dulu jangan terburu-buru meng-judge seperti itu…. Maka dari itu hayuk kita bedah santai sesantai menikmati pantai Pulau Bali pada artikel #yamahatoday #yamahabalinewscontest kali ini

Untuk mencoba mengetahui apakah benar Yamaha FreeGo gagal tebar pesona atau memang mutiara ini perlu dipoles agar menampakkan kemilau yang sesungguhnya, alangkah baiknya kita tarik mundur kebelakang dimana untuk pertama kalinya Yamaha NMAX mengaspal ditanah air hingga akhirnya menjadi sebuah trend setter kelas 150 Indonesia.

Pada awal kemunculannya, Yamaha NMAX yang modelnya bisa dibilang out of the box pada saat itu tidak langsung bisa menghipnotis market… Penjualan seolah lunglai… setidaknya untuk semester pertama hingga akhirnya strategi-strategi marketing digerojokkan… pelan namun pasti akhirnya segala upaya Yamaha mulai menampakan hasil. Dari yang tadinya flat, penjualan mulai merangkak dan akhirnya meroket seperti yang terjadi saat ini. Saat dimana Yamaha NMAX menjadi sebuah motor standart pencapaian. Yup… butuh waktu setidaknya satu tahun untuk Yamaha mengeluarkan banyak jurus marketing agar pesona sang MAXI tersebut memancar…

Setelah Yamaha NMAX sukses besar, kembali Yamaha menggelontorkan LEXI 125 yang didapuk sebagai ‘adik’ dari Yamaha NMAX yang lagi-lagi secara desain out of the box lagi… secara fitur, memang motor ini dilengkapi dengan fitur yang bahkan diantaranya tidak ada pada sang kakak. Jujur pada awalnya A’A sendiri sama sekali tidak sreg dengan motor ini. Namun lama kelamaan seiring semakin banyaknya motor ini berlalu lalang dijalanan, jika dipandang ternyata cantik juga…. Baru deh kelihatan ke-inner beauty-annya yang sesungguhnya.

Jika dicermati, si LEXI 125 ini dalam perjalanannya menarik perhatian market juga mirip-mirip dengan sang matic volume maker Yamaha yakni si Yamaha NMAX cak… letoi pada awal-awal kemunculan namun setelah setahun, grafiknya mulai menanjak naik… Tau dari mana? Ya dari jalanan lah… mosok dari data… diatas kertas…

Ok, setelah kita tarik mundur kebelakang terhadap dua ‘kasus’ motor Yamaha yang out of the box secara model tersebut yang mana memiliki persamaan dengan Yamaha FreeGo, sekarang kita kaitkan benang merah dengan penetrasi sang bluecore engine 125 Yamaha tersebut cak.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi perhatian A’A yakni yang pertama Yamaha FreeGo butuh waktu untuk bisa diterima market karena secara desain memang si Yamaha FreeGo ini memang out of the box untuk ukuran taste saat ini. Saat dimana desain yang digemari untuk kelas menengah adalah desain yang meruncing, bukan desain yang ‘membulat’. Dan ini tentunya adalah tugas dari peracik strategi marketing Yamaha agar si Yamaha freeGo ini bisa sesegera mungkin menjadi the next NMax ataupun Lexi 125.

Dan yang kedua adalah soal trend market tanah air sekarang. Lah kok trend? Yup, biasanya konsumen yang datang dari kelas entry level itu jika memutuskan untuk naik kelas, maka arahnya akan langsung ke sebuah produk yang dirasa mempunyai PRIDE yang tinggi dikelas yang dituju. Dalam hal ini adalah Yamaha NMAX ataupun jika dirasa ngoyo, maka pilihannya jatuh ke Yamaha Lexi 125 vva, bukan pada FreeGo. Nyesek sih tapi memang itulahbtrend market saat ini.

Lantas dari setidaknya dua hal pengganjal Yamaha FreeGo diatas, apakah bisa ditarik kesimpulan bahwa FreeGo secara desain bukan selera market? Sekali lagi bukan begitu tapi lebih kepada soal masih ‘butuh waktu’ market mengenalnya lebih jauh layaknya kedua pendahulunya dan faktor ‘trend’ karena secara fitur motor ini layak untuk dimiliki.

Dan A’A meyakini jika waktu yang dibutuhkan tersebut sudah cukup, Yamaha FreeGo akan sukses layaknya kedua pendahulunya.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, matik, moladin, opini, umum, yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.