Over Price! Harga Yamaha WR 155 Tembus Rp 38 Jutaan Di Jatim!

aerox

atasaspal.com – Cak…. Aseli garuk-garuk kepala saat mengetahui harga Yamaha WR 155 yang dipasang Yamaha Jatim untuk area Malang ( plat N ) yakni tembus diangka Rp 38.360.000.- Yup sebuah harga yang termasuk tinggi untuk motor trail kubikasi kelas 150 tanah Air. Apalagi gap harga yang terjadi terpaut lumayan lebar dengan kompetitor yang secara penjualan sudah terbukti mapan. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah apa yang kira-kira melatarbelakangi Yamaha Jatim begitu confident mensetting diangka tersebut? Direntang harga yang terpaut jauh dari kompetitor? maka dari itu siapkan kopi dan camilan sehingga bisa mencerna dengan lancar…. Sudah siap? lets continue reading cak.

Sebagai orang awam, mengetahui Harga WR 155 yang tembus 38 jutaan tentu akan langsung mules dan meng-judge bahwa motor ini kemahalan, banderol yang dipasang tidak masuk akal. Anggapan ini menurut A’A wajar-wajar saja karena background yang sebagai orang awam yang mana biasanya faktor perbandingan harga dengan kompetitor yang lebih dulu eksis menjadi perbandingan utama, dan parahnya hanya berhenti disana tanpa mau meng-compare teknologi dan fitur yang disandang. Kalau sudah gini? ya jelas suatu pekerjaan rumah untuk Yamaha Jatim tentunya gimana agar market tahu selling point dari motor trail terbaru Yamaha ini. Sebuah pekerjaan rumah yang tidak mudah. Kenapa?

Karena kompetitor yang lebih dulu eksis dikelas ini adalah Honda dan Kawasaki! Semua pasti tahu gimana dahsyatnya sumberdaya Honda yang bisa dibilang nyaris tak terbatas dari segi apapun. Kuat cak… Kuat banget. Jika mau, sebuah produk biasa saja dimata market jika Honda yang mengemasnya maka akan menjadi sebuah produk yang bukan biasa lagi. Value nya naik berlipat-lipat. Itu dari segi Honda cak… Dari segi Kawasaki? Siapa yang menyangsikan Brand Image pabrikan berlogo huruf K dan identik dengan warna hijau ini. Yup, pabrikan satu ini sudah menjadi brand ‘Premium’ disemua lini produknya. Dan ini sudah mengakar kuat jauh sebelum Honda masuk untuk menggoda segmen motor trail, motor garuk tanah ataupun banyak juga yang menyebut sebagai motor trabas.

Ok kita kembali ke pokok bahasan Yamaha WR 155 Over Price. Dari segi harga A’A tidak menampik kenyataan yang ada bahwa harga WR 155 tinggi dan gap nya lebar dibanding kompetitor sekelas yakni Rp 38.360.000.- . Kemudian kita lihat Honda CRF 150L yang mana di area jatim dijual diangka Rp 34.800.000.- . Sebuah gap harga yang menganga lebar. Perbandingan harga CRF 150L dengan WR 155 terpaut Rp 3.830.000.- . Melihat perbedaan harga tersebut tentu langsung geleng-geleng kepala dan berkomentar lah kok banyak banget selisihnya. Hampir 4 jutaan. Padahal CRF 150L sudah dibekali suspensi depan type usd sementara WR 155 ‘masih’dengan suspensi model telescopic.

Lalu kita beralih ke perbandingan harga WR 155 dengan Kawasaki KLX 150 yang mana ada beberapa tipe. Dan disini kita ambil varian terrendahnya karena varian inilah yang memiliki harga paling terjangkau. Kenapa ambil sampel dari harga varian terrendah? Karena akan kita komparasi dengan WR 155 yang hanya punya satu jenis harga dan otomatis inilah varian termurah dan tertinggi dari WR 155. Biasanya varian terrendah inilah yang paling nerpotensi dilirik oleh market. Ok lanjut lagi cak. Untuk saat ini harga KLX 150 BF Rp 35.530.000.- dan harga ini terpaut Rp 2.830.000.- dari yamaha WR 155 yang dibanderol dengan harga Rp 38.360.000.-. Sekali lagi harga motor Yamaha WR 155 terlihat mahal. Wajar cak… lah wong bedanya segitu loh. Namun jika kita membandingkannya dengan KLX 150 varian tertinggi, harga WR 155 masih sedikit berada dibawahnya.

Ok, soal harga sudah kita bedah dan hasilnya adalah Yamaha WR 155 memang benar-benar lebih mahal dibandingkan dengan KLX 150 dan juga CRF 150L. ini sebuah fakta yang tidak bisa dibantah lagi. Namun sekali lagi apakah dengan selisih harga yang menganga lebar tersebut sudah mencukupi untuk mengatakan bahwa WR 155 adalah motor yang Over Price? Hop stop dulu dan jangan kesusu karena ada variable lain yang bisa kita komparasikan sebelum kita bisa mengatakan ‘ya, WR 155 adalah motor yang Over Price’. Lantas apakah variable tersebut? Spesifikasi dan fitur cak. Ok… Lanjut….

Perbandingan Spesifikasi WR 155 vs CRF150L vs KLX 150

Untuk spesifikasi mesin, WR 155 mempunyai kubikasi bersih 155cc sedangkan CRF150L berkubikasi bersih 149cc dan KLX 150 berkubikasi mesin bersih 144cc. Disini jelas bahwa WR 155 adalah motor dengan cc yang paling besar diantara motor dikelas ini.

Kemudian soal power dan torsi yang dimiliki ketiga motor garuk tanah ini cak… Dengan kubikasi mesin paling besar, WR 155 mempunyai output power maksimum dan torsi maksimum paling besar dikelasnya dengan muntahan power maksimum sebesar 12.3KW@10000 rpm dan tendangan torsi maksimum 14,3Nm@6500 rpm. Lihat saja KLX 150 yang mempunyai output power maksimum 8,6KW@8000 rpm dan torsi maksimum 12Nm@6500 rpm pada kitiran mesin. Sementara itu CRF150L mempunyai output power maksimum 9,51KW@8000rpm dan tendangan bawah alias torsi maksimum sebesar 12,43Nm@6500 rpm. Dari sisi ini WR 155 berada diatas angin cak…. hasil sumbangsih kubikasi mesin yang lebih besar.

Untuk konfigurasi mesin, ketiga motor ini sama-sama mengaplikasikan mesin berkonfigurasi SOHC 4 stroke yang mana WR 155 dengan Fuel injection, liquid qooled, 4 valve dan VVA nya. Sementara CRF150L sama dengan sang WR155 tapi minus VVA. Lalu KLX 150 dengan SOHC 4 stroke.

Sementara untuk asupan bahan bakar, sama seperti CRF150L, WR 155 ini sudah dilengkapi dengan pengapian fuel injection sementara KLX 150 masih setia dengan pengapian DC-CDI karburator keihin CV24.

Dan Yamaha WR 150 ini dilengkapi dengan fitur yang tidak ada dikedua pesaingnya yakni fitur Hazzard Lamp. Tentu penyematan fitur ini menjadi sebuah keunggulan ataupun point plus berbanding kompetitor. Sementara pada sisi frame, Yamaha WR 155 yang dibekali dengan type frame semi double crandle tentu lebih menarik jika dibandingkan dengan rangka diamon yang dipakai CRF150L dan KLX 150.

Nah…. kendatipun spesifikasi dan fitur tidak A’A jembreng sampai lebar, setidaknya sudah bisa dijadikan acuan untuk dijadikan perbandingan. Untuk spesifikasi lengkap WR155, KLX150 dan CRF150 bisa mas bro cari di internet yang info tentang perbandingan tersebut sangatudah didapatkan. Dan dari sini bisa diketahui bahwa Yamaha WR155 lebih baik dibandingkan dengan kompetitor dengan catatan minus soal suspensi depan tentunya… Dan kini tiba saatnya untuk mengkombinasikan data yang dijembreng diatas antara perbedaan harga dan spesifikasi. Unggul siapa? hingga pangkalnya bisa disimpulkan apakah Yamaha WR155 adalah motor yang Over Price atau tidak.

Secara harga, Yamaha WR155 lebih mahal dibandingkan Kawadaki KLX150 dan Honda CRF150L namun secara spesifikasi mesin, teknologi dan fitur, motor trail terbaru dari Yamaha yang baru dirilis bulan ini jelas lebih baik. So, apakah layak jika WR155 disebut Over Price? menurut pandangan A’A secara pribadi, ada harga ada rupa. Menurut opini Panjenengan gimana?

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 150cc, umum, yamaha dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Over Price! Harga Yamaha WR 155 Tembus Rp 38 Jutaan Di Jatim!

  1. 3835info berkata:

    wah wah, seru nih segmen trabas dari sisi harga sudah mulai menghangat. jika di lirik dari cuplikan harga itu terlihat juga Harga XSR155 38 jt an artinya lebih mahal dari Bali dong

    Suka

  2. Balibaliku Otomotif berkata:

    Wow harganya nih om. Langsung cus buat review ke yutub neh.

    Suka

  3. Elang Jalanan berkata:

    Belum cicipin test ride unitnya di medan offroad, so belum bisa komen banyak untuk WR155

    Namun berat 134kg (terberat di kelasnya) ini akan jadi sedikit kendala buat handle motor ini di medan offroad

    Suka

  4. viwimoto.com berkata:

    Kalau penantang dikelasnya, dibandrol berapa mas.?

    Suka

  5. ardiantoyugo berkata:

    power gede tapi bobotnya juga lumayan…
    penasaran kalau dicoba buat trabas, kira kira bakal kerasa banget ga bobotnya…

    Suka

  6. Budi Cahbrogo berkata:

    Wah mahal juga ya harganya bisa nyampe 38 jutaan. Ya selera konsumen sih, pilih mana. Kalau saya pribadi lebih prefer yang ninja 250sl, nambah dikit sudah kebeli tuh.

    Suka

  7. ndesoedisi berkata:

    tenang setelah tahun baru juga kompetitor naikin harga kok #eh 😀

    Suka

  8. Sy ko malah ngerasa KLX yang over pret ya… Kira-kira salah ngga perasaan sy??

    Suka

  9. IndoRide.com berkata:

    Waduh, mahal juga ya. Padahal menurut saya cuma unggul di sektor mesin dibanding kompetitor. Tapi kita lihat saja lah kedepannya.

    Suka

  10. Menyusuri Jalan berkata:

    Kira-kira bisa bersaing ngga yah dengan para kompetitor yang sudah lebih dulu….

    Suka

  11. warungasep berkata:

    Wajar lah, soalnya paling kencang… Tapi walaipun harganya Rp. 30juta pun saya gak akan beli hehe

    Suka

  12. indomoto berkata:

    Waduh, sebagai pemain baru di kelas ini, mestinya Yamaha jangan patok harga terlalu jauh sama kompetitor. Btw, semoga laris deh.

    Suka

  13. JurnalOto.com berkata:

    Menurut saya PR Yamaha bukan di harga sih,. lebih ke spek yang mana bobotnya terlalu berat di bandingkan kompetitor lainnya.

    Suka

  14. motogokil berkata:

    yamaha gitu lho
    kalau dibandingkan dengan r15 v3 yang jelas terasa mahalnya, padahalnya banyak bagian r15 v3 yang lebih bernilai dibandingkan wr 155

    Suka

  15. imotorium berkata:

    Lah mahal… nanti yang ada kata – kata “mending sekalian beli klx 250 seken”

    Suka

  16. yhardiya berkata:

    Saya rasa semua sudah di kalkulasi dan di perhitungkan..
    Selain ada harga ada rupa juga ada brand pak..

    Suka

  17. Heru Tebe berkata:

    Jadi AA mau berpaling ke mana nih ? atau mau jadi kaum Mending aja wkwkwkwk

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.