Rugi Tidak Baca! Ini Tips Velg Motor Anti Peyang!

atasaspal.com – Velg menjadi salah satu komponen yang penting pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Namun, tidak jarang pengendara mengabaikan kondisi velg. Padahal kondisi velg juga berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Terlebih jika ingin berkendara jarak jauh, pastikan kondisi velg dalam keadaan yang prima, sehingga tidak terjadi hal buruk selama diperjalanan.

Biasanya ada dua jenis velg yang sering digunakan yaitu velg spoke wheel berbentuk jari-jari besi dan velg cast wheel atau yang dikenal sebagai velg racing. Masing-masing velg tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, bergantung dengan kebutuhan pengendara.

“Maka dari itu, penting untuk pengendara memperhatikan kondisi kesehatan velg kendaraan. Selain faktor keselamatan, velg dengan kondisi yang terawat juga bisa membuat tampilan motor semakin menarik,” ungkap Ilham Wahyudi, GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Adapun Ilham memberikan tips untuk merawat velg agar pengendara semakin nyaman, sebagai berikut :

1. Jaga kebersihan velg motor

Penting nya menjaga kondisi velg agar tidak mudah berkarat terutama ketika motor menerjang air hujan. Tentu juga membuat tampilan motor lebih kinclong dan menawan ketika dijalan.

2. Hindari benturan saat berkendara

Gunakan kecepatan rendah ketika menghadapi jalanan berlubang. Semakin sering pengendara melewati jalanan berlubang, akan semakin berpengaruh terhadap kondisi velg. Tidak hanya pada tekanan udara ban, namun bisa merusak bentuk velg itu sendiri.

3. Gunakan ukuran velg & ban sesuai anjuran

Sering kali pengendara memodifikasi velg dan ban kendaraannya tidak sesuai dengan ukuran pabrikan. Padahal, ukuran velg dan ban yang tidak sesuai bisa mempengaruhi keseimbangan roda pada kendaraan. Untuk itu gunakan ban dan velg yang sesuai dengan anjuran agar memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

4. Lakukan penyetelan velg

Demi pengalaman berkendara yang menyenangkan, lakukanlah penyetelan velg secara berkala agar tetap kokoh dan nyaman. Idealnya perawatan dilakukan 6 bulan sekali.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ untuk merawat dan menjaga kondisi velg kendaraan.

Konsumen Yamaha juga bisa mengunjungi bengkel resmi Yamaha untuk melakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan tetap prima.

Informasi terkait bengkel resmi dapat dilihat melalui website http://www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, 150cc, 250cc, adventure, komunitas, matik, perawatan, tips trik, umum, yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.