#Cari_Aman Berkendara Gas ke Mandalika

atasaspal.com – Surabaya, Tahun ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kembalinya ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu MotoGP di Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Nah tentunya hal ini juga menarik perhatian dari para komunitas motor ataupun masyarakat yang gemar touring atau melakukan perjalanan jauh jauh untuk datang di gelaran balap moto GP yang akan di gelar pada 18 – 20 Maret 2022, apalagi jalur yang dilewati juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan di sepanjang jalur touring yang tentunya sangat memanjakan mata.

Mengingat jarak dari Jawa Timur ke Mandalika cukup jauh, untuk itu Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Yudistira Ardi memberikan tips agar melakukan persiapan dengan matang, berikut tipsnya.

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan kondisi motor sehat dan dilakukan pengecekan kendaraan secara lengkap ke bengkel AHASS. Segera ganti komponen yang sudah habis atau akan habis agar selama turing tidak ada kendala yang bisa merepotkan.

“Jika memungkinkan untuk bawa spare part cadangan yang berpotensi bisa rusak selama turing.” Saran Yudistira.

Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik sebaik mungkin dan pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat saat berangkat touring.

“Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.” Tambah Yudistira.

Jika touring dilakukan secara berkelompok, protokol kesehatan juga perlu dilakukan, seperti jaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker. Selain itu, asupan nutrisi dan vitamin, serta air pun harus dipastikan cukup. Dan beristirahat setiap 1,5 atau 2 jam sekali agar tidak terlalu capek atau merasa jenuh dan mengantuk.
Persiapkan route plan dengan baik. Disarankan terlebih dahulu untuk mempelajari rute terbaik yang akan dipilih ke Mandalika untuk nonton MotoGP sebelum melakukan touring, agar kita mengetahui estimasi waktu yang akan ditempuh. Hindari waktu yang terlalu pepet dengan acara supaya saat turing jadi tidak terlalu terburu. Dan jika memang minim informasi terkait jalur touring, manfaatkan teknologi GPS atau digital maps untuk mendapat sedikit gambaran rute.

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan. Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas.

Gunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khsususnya saat touring jarak jauh. Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan. Jangan lupa juga perlengkapan tambahan seperti jas hujan dan peralatan praktis untuk perbaikan kendaraan.

“Yang tak kalah penting yakni mematuhi peraturan lalu lintas beserta surat – surat lengkap, agar perjalanan menjadi nyaman dan sesuai dengan slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_aman” saat di jalan.” tutup Yudistira.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, 150cc, 250cc, adventure, honda, komunitas, matik, umum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.