Hati-Hati… Sering Ganti-Ganti BBM Bisa Membuat Mesin jebol dan rusak!

aerox

atasaspal.com – Kang bro… terkadang pada saat yang darurat kita pernah juga mencekoki kuda besi kita dengan BBM yang mempunyai kadar oktan dibawah rekomendasi yang telah ditetapkan oleh pabrikan… jelas langkah ini otomatis akan membuat BBM yang ada didalam tangki motor akan tercampur dengan BBM beroktan rendah yang baru kita masukkan. Sampai disini sudah faham? kalau belum, hayuk lanjut membaca…

dampak-mencampur-bensin-dengan-oktan-berbeda

Kalau konteksnya darurat yang artinya bukan menjadi rutinitas harian kita, kemungkinan motor kita akan aman jaya sentosa. Namun jika mencampur bensin dengan oktan berbeda ini menjadi kebiasaan, akan menimbulkan dampak yang besar yakni motor bisa rusak dan jebol! Nah loh… 

Sebagai ilustrasinya begini nih kang… misalnya dalam satu minggu kita mengisikan berbagai jenis bensin kemotor kita, empat hari mengisi pertamax dan sisanya diisi dengan premium ataupun pertamax plus dengan pertalite yang kadar oktannya bisa dibilang agak jauh berbeda. Sebenarnya hal ini tidak masalah namun jangan dilakukan terlalu sering.

“Sebenarnya tidak masalah sih kalau dalam kasusnya motor. Tetapi kalau terlalu sering dan muatan oktan bensinnya tidak sesuai, pembakarannya tidak akan sempurna dan akhirnya akan merusak motor itu sendiri,” kata Ramdani, Service Advisor Cilangkap Mas Motor, kepada detikOto di Jakarta.

Didalam siklus pergantian bensin seperti tersebut diatas, proses pembakaran BBM untuk memberikan tenaga agar motor dapat melaju tidak sempurna dan meninggalkan residu. Akhirnya, tidak hanya akan membuat kendaraan telat bereaksi, tetapi juga mengalami kerusakan.

“Bila pembakaran tidak sempurna, tarikan motor tidak enak nantinya atau telat bereaksi saat kita gas,” ucap Ramdani.

“Penumpukkan kerak pada dinding seher yang dikarenakan ada beberapa residu yang masih tersisa juga menjadi masalah selanjutnya dari fenomena tersebut. Terakhir, motor bisa-bisa jebol dan rusak,” tutupnya.

Nah… udah ngerti kan kang… kalau udah ngerti bakal berakibat seburuk itu, apakah masih akan sering-sering mencampur bensin untuk diberikan pada motor kesayangan? A’A sih gak deh kang… apalagi motor cuman semata wayang… sayang motor aja deh….

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di opini, umum dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hati-Hati… Sering Ganti-Ganti BBM Bisa Membuat Mesin jebol dan rusak!

  1. andhi_125 berkata:

    motor apa wayang?

    Suka

  2. phadliharahap berkata:

    waduh bahaya banget ya, enggak enggak lagi dah ganti bbm seenaknya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s