Tips “Cari Aman” Berkendara di Musim Hujan

aerox

atasaspal.com – Kang bro… disadari atau tidak, terkadang lingkungan kerap kali menjadi salah satu faktor penyebab adanya kecelakaan lalu lintas. Ya bisa dari kondisi dari jalan yang berlubang, berpasir, berlumpur ataupun berkabut, hingga sampai soal cuaca yang kebetulan saat ini memasuki musim hujan. Nah, ngomongin tentang musim hujan, ini ada tips #Cari_Aman dalam berkendara saat hujan menyapa dalam perjalanan kita. Mari kampanyekan #Cari_Aman agar bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan. Lalu apa saja yang diperlukan untuk #Cari_Aman saat musim hujan?

Logo CariAman_fixbanget

Selain motor yang sehat, jangan lupa keadaan kita dalam keadaan fit dan mampu untuk riding. Nah kalau aspek ini sudah terpenuhi, yang namanya musim hujan, peralatan yang utama selain safety gear (helm, sepatu, jaket, sarung tangan dsb) adalah jas hujan. Disini A’A menyarankan agar panjenengan semua memakai jas hujan model baju dan celana, bukan yang model jaas hujan kelelawar loh ya… karena jas hujan model baju dan celana lebih bisa melindungi anggota tubuh dari air hujan berbanding model lainnya.

#Cari_Aman saat musim hujan

ilustrasi

Nah, kalau soal perlengkapan sudah siap, maka Panjenengan harus perhatikan faktor lingkungan. Maksudnya? Harap panjenengan jaga konsentrasi dan fokus dan kalau bisa jangan bermain pada kecepatan yang tinggi terlebih lagi kalau kondisi jalan banyak yang tergenang oleh air hujan karena disadari atau tidak, jalan yang tergenang air menyimpan potensi bahaya yang besar. Ya siapa tahu didasar genangan tersebut ada batu atau lubang yang menganga…

 

 

Jadi, untuk #Cari_Aman jika menemukan kondisi jalanan yang tergenang air, alangkah lebih baiknya Panjenengan menghindar dan memilih jalur lainnya untuk dilewati. Namun jika Panjenengan nekat untuk melaluinya, A’A sarankan agar Panjenegan lebih berhati-hati dan pastikan bahwa kedalaman air tidak melibihi ujung lubang knalpot motor dan jagalah ritme kecepatan secara konstan. Khusus untuk motor bertransmisi manual baik itu bebek ataupun sport sebaiknya pakailah gigi yang rendah dan jagalah jarak dengan kendaraan didepan untuk mengantisipasi jika kendaraan tersebut terhenti ditengah genangan, panjenengan tidak kedandapan untuk menurunkan gas ataupun menghindari saat melewati genangan air tersebut.

Lalu bagaimana jika genangan air tersebut melebihi tinggi dari lubang knalpot motor? sangat tidak disarankan untuk menerobos genangan tersebut kang… untuk lebih #Cari_Aman sebaiknya Panjenengan mencari jalur alternatif lainnya daripada nekad menerobosnya dan yang bisa menyebabkan motor panjenengan macet kan malah berabe to kang….

Nah itu tadi sedikit tips tentang cara #Cari_Aman saat musim hujan… semoga sedikit tips ini bermanfaat untuk kita semua… Apapun keadaannya, ya #Cari_Aman dong ah…

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal

Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di honda, opini, umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips “Cari Aman” Berkendara di Musim Hujan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s