Ganti Busi Sebaiknya Berdasarkan Jarak Tempuh Ataukah Berdasarkan Waktu Pemakaian?

aerox

atasaspal.com – Kang bro… Selain Oli mesin, busi adalah salah satu komponen penting dalam menunjang kinerja mesin. Maka untuk itu diperlukan pengecekan dan perawatan agar kondisi dan performa mesin kendaraan kesayangan bisa tetap dalam keadaan prima. Nah… bicara soal busi, busi sendiri merupakan part yang mempunyai masa pakai yang artinya adalah dalam kurun waktu tertentu wajib diganti agar fungsi utamaya melakukan pembakaran campuran bahan bakar bisa bekerja maksimal.

busi NGK Iridium IX

Lalu, sebenarnya penggantian busi itu sebaiknya berdasarkan jarak pemakaian atau berdasarkan durasi waktu sih? Menarik untuk dibahas nih kang karena selama ini setahu A’A belum ada aturan baku tentang hal ini… Dan pertanyaan tentang patokan baku tentang penggantian busi masih sering menghiasi forum-forum didunia maya… Dan akhirnya A’A menemukan sebuah artikel di otomotif kompas tentang ganti busi.

ganti busi

Menurut Diko Oktaviano selaku Aftermarket Technical Support NGK Busi Indonesia, mengganti busi berdasarkan jarak tempuh ataupun waktu pakai bisa dijadikan referensi, hanya tinggal melihat kondisi pemakaiannya saja walaupun dari sisi produsen mobil biasanya dibatasi berdasarkan jarak namun dari NGK sendiri tidak ada batasan baku terkait hal ini… Semua tergantung situasi dan kondisi kang… Lah maksute kepriye?

“Kalau dari pihak produsen mobil biasanya dibatasi dari jarak, tapi dari kami tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal. Bila ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari sikon saja,”

Yang dimaksud sebagai sikon disini adalah berdasarkan pada ke kondisi jalan sewaktu pemakaian dan pemakaian kendaraan itu sendiri kang… Jadi gini… Bila pemakaian seperti di Jakarta ataupun kota-kota besar lainnya yang selalu bertemu dengan kemacetan sehingga mobil lebih banyak diam daripada berjalan bisa diganti berdasarkan dari waktu pemakaian. Namun semua juga sebaiknya melalui pengecekan terlebih dahulu dan juga tergantung dari kondisi mobil serta jenis busi yang Panjenengan gunakan…

“Seperti yang saya bilang, faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti khususnya pengguna di Jakarta lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali. Bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti untuk jaga-jaga tanpa tunggu jarak yang sudah ditentukan,”

Nah… dari sini sudah mulai bisa dimengerti bahwa mengganti busi itu tergantung situasi dan kondisi ya kang… jadi ndak usah mumet pas waktu mau ganti busi… Bila dirasa mau ganti, ya ganti saja supaya kinerja mesinnya tetap optimal…

 

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal

Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di opini, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Ganti Busi Sebaiknya Berdasarkan Jarak Tempuh Ataukah Berdasarkan Waktu Pemakaian?

  1. ndesoedisi berkata:

    sebagai wong ndeso ganti busi kalau udah mati baru ganti, tapi buat jaga-jaga selalu sedia busi cadangan, nah yang menarik itu busi bawaan Revo 110 dari pertama beli tahun 2012 sampai sekarang belum pernah ganti sampai-sampai busi cadangan udah 2x beli ilang ga tau pada kemana 😀

    Disukai oleh 1 orang

  2. oldrider berkata:

    Berdasarkan isi dompet mungkin gak ya 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s