Test Ride All New R15, Performa Dan Handlingnya Bikin Ketagihan Kang!

aerox
aerox

atasaspal.com – Brosis sekalian, menyambung artikel sebelumnya tentang Press Conference dan Test Ride All New R15 yang digagas oleh Yamaha Jatim (PT. Surya Timur Sakti Jatim). Bila disitu masih sebatas Q&A yang A’A bahas dan sekilas saja menyinggung tentang handling sang kuda besi yang dibanderol 36 OTR Jatim (non plat AG dan AE), maka kali ini A’A akan menuntaskan, mencoba menjabarkan lewat tulisan tentang apa saja yang A’A rasakan saat pertamakali memuntir selongsong gas motor sport berteknologi VVA ini. Monggo siapkan kopi dulu kang….

Q&A All New R15

 

Langsung saja kepokok bahasan sebenarnya gimana sih yang A’A rasakan terhadap performa dan handling All New R15 ini dalam test ride singkat disirkuit Benowo, Surabaya secara untuk Seat Hight, Swing ARM antara New R15 Vs R15 V2, Riding Position New R15 Vs R15 V2, dan beberapa lainnya pernah A’A senggol diartikel ini jadi disini A’A tidak akan mengulasnya lagi…

Performa

Membahas sektor ini, No Doubt Yamaha telah berhasil membuat mesin SOHC yang lebih bertenaga hasil perpaduan dari Valve Variable Actuation yang memang sudah teruji durabilitasnya saat dicangkokkan di Yamaha Nmax. Di-setting pada angka 7400rpm, teknologi VVA All New R15 akan aktif setelah mencapai angka tersebut dengan tanda-tanda lampu indikator putih menyala. Hasilnya?

Top Speed New R15

Yang A’A rasakan, dengan aktifnya VVA ini semacam ada tambahan tenaga walaupun terasa smooth namun membuat tarikan R15 V3 ini terasa lebih nampol. Aliran tenaga dari gigi per gigi terasa sangat cepat mengisi dan enteng. Saking enteng dan cepatnya, beberapa kali A’A harus disadarkan limiter untuk segera oper gigi 😆

Handling

Sudah sedikit A’A singgung diartikel sebelumnya bahwa handling New R15 ini enak dan tidak adanya gejala limbung saat melakukan harg braking. Berbeda banget dari R15 V2 yang terkadang suka ngesot saat diajak bercinta demikian. Jujur setelah menjajal sang kuda besi dalam dua kali running, A’A dibuat penasaran dengan kenurutan sang kuda besi. Kira-kira hasil sumbangsih dari apa ya?

test ride new R15

Jawabannya ketemu saat sesi Q&A kang… Ternyata sumbangsih dari Swing ARM yang dibuat lebih pendek dibanding gen sebelumnya! What? Swing ARM yang selalu A’A anggap kurang macho karena kelihatan lebih pendek, kecil dan kurang menarik malah memberikan nilai plus yang tidak terduga! Syemb… A’A salah beranggapan nih…

‘Kenapa Swing arm Yamaha All New R15 lebih pendek dibanding R15 Lama? – biar handlingnya makin mantab. Hal ini A’A buktikan sendiri saat melakukan hard Braking, A’A merasakan tidak adanya gejala limbung… beda banget dengan gen terdahulu…’

Assist & sliper clutch

Saat menarik tuas kopling, Panjenengan akan merasakan keempukannya, lebih ringan kang… Lebih ringan dari R15 V2 dan kompetitor yang tidak menyematkan fitur ini! Itu saja? tidak kang, tidak terhenti hanya pada itu saja. Saat melaju dan berada pada gigi 5, A’A melakukan downsift bukan hanya satu gigi, tapi langsung dua step! Hasilnya? nyaris tidak ada gejala back torque, Assist & sliper clutch bekerja optimal… mesin meraung, merespon dengan halus…. satu kata untuk fitur ini… Aseli bikin PEDE saat melakukannya untuk membantu pengereman!

motor dan wanita cantik

Kesimpulan

Terlepas dari status sebagai motor yang paling mahal dikelas sport 150cc tanah air, rasanya All New R15 memberikan servis yang seimbang dengan harganya dan layak dipertimbangkan bagi panjenengan yang ingin membeli motor fairing kelas 150cc yang penuh dengan fitur-fitur unggulan! Namun bagi panjenengan yang mempunyai budget terbatas, masih ada CBR dan GSX-R sebagai pilihan.

Last, setelah test ride singkat atau dalam bahasa kerennya mereview All New R15, satu kata yang A’A ingin sampaikan bahwa performa dan handlingnya bikin ketagihan kang! Semoga kedepannya A’A mendapatkan unit untuk daily use review biar lebih puas dan mendetail lagi sharing infonya kang….

Contact Person
Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di 150cc, opini, review, umum, yamaha dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Test Ride All New R15, Performa Dan Handlingnya Bikin Ketagihan Kang!

  1. OTODROID berkata:

    mantab nan..ganti pak

    Disukai oleh 1 orang

  2. DNFmagz berkata:

    Kopling cuma 3 biji itu cepet abis gak pak, atau kualitas kamkop ymh itu istimewa?

    Disukai oleh 1 orang

    • A'A berkata:

      Kenapa kok 3 biji, karena dibelakang kopling ada mekanisme assist & slipper clucth yang membantu kamkop… untuk kualitas, mestinya cukup oke karena sudah melalui proses riset selama 1,5 tahun….

      Suka

  3. Ping balik: Take a look at Trip #1 (Take a look at Day Yamaha All New R15 V3) – Blogmanis

  4. Ping balik: Testimoni Boncenger New R15: Jauh Lebih Nyaman Berbanding R15 V2! | atasaspal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s