Duo Nmax, Satu Nama, Beda Generasi, Beda Karakter !

atasaspal.com – Cak…. pada awalnya A’A mengira bahwa All New NMAX 155 VVA ini hanya mengalami sedikit perubahan desain dan update fitur yang kekinian… mungkin Panjanengan semua akan berfikir seperti ini juga. Namun nyatanya anggapan ini hanya bisa mewakili sedikit saja perbedaan antara generasi lama dengan generasi saat ini setelah merasakan sensasi sang matic Apparel Personal Ego kelas 150 dari Yamaha Indonesia ini. Lah emange bedanya apa saja? Monggo lanjut membaca

Yang pertama terlepas dari berubahnya shape headlamp, penempatan lampu sein, shape area samping body, juga buritan yang berdesain baru, nyawa Old NMAX kental terasa. Sebuah langkah smart karena desain inilah yang membius market tanah air… walaupun kslau boleh jujur, kemolekan desain All New NMAX sedikit terciderai oleh shape buritan yang terkesan aneh apalagi saat malam hari. Terkesan anggun, berbanding terbalik dengan area lainnya yang garang dan ada aura ke thanos-thanosan. Ya beginilah tanggapan peribadi A’A.

Yang kedua adalah terlepas dari update fitur seperti adanya tuas menu yang ada di handlebar kiri yang sangat memudahkan pengoperasian, dashboard meter yang menjadi lebih lebar dan informatif juga tidak mengadopsi paparan model negative display sehingga lebih bisa terlihat jelas walaupun siang hari, adanya hazzardlamp dan berbagainya. Ternyata Karakter Duo generasi dari Yamaha NMAX 155 ini berbeda satu sama lain. Lupakan sejenak kulit joknya yang meninggalkan generasi kedua dan kembali mengadopsi generasi pertama yang halus dan licin.

Terus apa karakter yang berbeda antara Duo NMAX 155 yang sampai dengan saat ini masih dijual beriringan yang rumornya hanya sebatas sebagai strategi swicthing untuk market? Ini menurut A’A tidak sesederhana hanya pada perubahan desain tapi sekali lagi lebih dari itu sebelum mayoritas market memilih sang All New. Ya, walaupun anggapan ini mungkin jugs kurang tepat atau bahkan salah kaprah…. ndak opo-opo…. Ah… kok melebar sampai kemana-mans kayak hujan yang menimbulkan banjir gini… wkwkwkwk… ok fokus kepada perbedaan karakter antara All New NMAX Vs Old NMAX.

PERBEDAAN ANTARA ALL NEW NMAX Vs OLD NMAX

  • Vibrasi

Saat tuas starter ditekan, tidak ada lagi suara kasar saat mesin dihidupkan dan eeeemmmmmm suara mesinnya halus banget. Loh kok vibrasi yang biasanya terasa sedikit mengganggu saat mesin hidup gak begitu terasa ya…. Sedikit penasaran, akhirnya puntir gas…. dari putaran bawah, menengah hingga atas…. Ah…. nikmat mana lagi yang kau dustakan. Vibrasi mampu terreduksi dengan sangat baik. Sebagai prngguna Old NMAX 2018, jujur A’A merasa kaget dan pangling…. karakternya beda banget. Seakan-akan tidak sedang mengendarai NMAX yang beringas karena halusnya power delivery.

  • Konsumsi BBM

Bukan hanya soal kemampuan merreduksi getaran menjadi lebih baik namun juga soal konsumsi BBM yang juga semakin irit cak…. Jika pada Old NMAX biasanya 46kml maka pada All New NMAX ini A’A rara-rata bisa diangka 50kml. Ya, ini yang A’A alami sebagai orang yang saat ini setiap harinya ditemani oleh kedua spesies.

Namun sayangnya keiritan sang generasi terbaru ini sedikit terciderai dengan keadaan bahwa All New NMAX ini begitu pilih-pilih oktan BBM. Yup, saat mengkonsumsi pertamax, tenaganya ngacir banget dan kehalusan suara mesin sangat mengasikkan. Namun saat dicekoki pertalite, bukan hanya tenaganya yang ngedrop tapi juga suara mesinnya menjadi kasar dan ngelitik. Ah…. sebenatnya sebuah keadaan yang wajar mengingat sang All New NMAX ini memiliki rasio kompresi 11,6:1 cak… wajar banget kan?

  • Karakter Suspensi

Keras? Ya memang ini karakter suspensi dari motor Yamaha. Namun kekerasan ini sedikit berkurang pada All New NMAX jika dibandingkan dengan Old Gen. Jadi, saat melintasi polisi tidur, kesan nyaman terasa lebih mengasikkan berbanding pendahulunya. Empuk dan tidak memantul liar. I like it! Namun tentunya harus ada kompensasi tentang perubahan karakter suspensi ini. Saat enak untuk melahap jslsns demikian, performanya saat mrlibas tikungan sedikit berkurang. Ah tidak masalah…. A’A suks banget dengan racikan suspensi depan dan belakang pada sang Sll New NMAX ini.

  • Riding Position

Apakah ini NMAX? sama sekali tidak ada aura NMAX nya sama sekali. Hilang sudah feel yang ada pada old gen pada generasi ini. Ergonomi duduknya sudah tidak sesantuy dulu lagi dan berubah cenderung tegak, seat height terasa lebih tinggi, stang menjadi lebih dekat, posisi kaki gak bisa maksimal selonjor… ah….. sebagai pengguna old gen perasaan sedikit kecewa dengan apa yang ada. Karena awalnya mengharapkan riding position sesantuy yang dulu tapi yang diberikan malah begini. Inilah pendapat peribadi A’A. Namun dibalik ini semua, saat diambil sisi positive nya, ini adalah langkah Yamaha untuk memanjakan Panjenengan semua. Maksute?

Dengan feel riding yang begitu, A’A merasakan bahwa ini mirip dengan PCX150. Jadi, jika panjenengan ingin memiliki All New NMAX dan Juga PCX 150 namun dengan budget terbatas, Panjenengan layak meletakkan All New NMAX 155 pada posisi pertama di optios list. Kenapa demikian? Karena semua hal-hal baik penunjang kenyamanan berkendara ada pada All New NMAX ini. Sebut saja mesin halus, minim getaran, duspensi empuk, ergonimi riding mirip dan juga irit… plus juga kubikasi mesin yang lebih besar dengan 4 katub-nya.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 150cc, matik, umum, yamaha dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Duo Nmax, Satu Nama, Beda Generasi, Beda Karakter !

  1. klikenter27 berkata:

    Satu hal yang dikomplen nyonya, model baru sekarang lebih ga nyaman, mbonceng jadi lebih ngangkang karena bodi belakang jauh lebih lebar.. doi ga suka karena yang old saja sudah bikin capek, di mana posisi selonjor bikin kudu nggeblak ke belakang kalo pas berakselerasi sekalipun pelan, bahkan kudu pake obat pasang sandaran aftermarket biar ga ‘njungkel’.. alhasil nih all new yang baru umur seminggu kudu siap dilepas lagi 😪

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.