Blogger Otomotive, Dari Hobby Menjadi Industri. Mata Duitan?

atasaspal.com – cak…. banyak menjadi Blogger pada awalnya karena satu sebab yakni karena Hobby. Namun tidak jarang pula yang memulainya karena adanya keinginan lebih banyak kabebasan dalam menulis, menulis pada blog-nya sendiri ketimbang menulis panjang lebar dikolom komentar yang terkadang terjaring moderasi dari pemilik blog. Kalau sudah begini tentu auto lemes jadinya… sudah menulis panjang kali lebar lah kok endingnya tidak tayang. Dari sini akhirnya mengambil langkah membuat blog sendiri dan menumpahkan segala uneg-uneg, opini, tanpa harus was-was terkena moderasi.

Gambar hiasan

Gambar hiasan

Itu adalah hanya sedikit contoh mengapa seseorang akhirnya memutuskan menjadi Blogger walaupun sadar akan banyak hal yang akan dikorbankan dan tersita dalam memanajemen blog-nya dikemudian hari. Sebut saja waktu. Ya, waktu banyak tersita untuk stay didepan monitor ataupun keluar rumah untuk mencari bahan mentah, mengolahnya menjadi artikel dan kemudiannya di-publish agar tulisannya bisa panjenengan baca… kalau diibaratkan, sisi ini bak setitik goresan pena dalam sebuah sketsa yang lebar dan besar… jadi, dari sini sudah bisa membayangkan kan? belum lagi tentang uang yang ‘terbakar’ untuk keperluan koneksi internet.

Tapi semuanya tidak pernah menyurutkan niat untuk tetap memproduksi tulisan dari meja redaksi yang terkadang ala kadarnya saja. Ada yang nulis dari kantor, rumah, atau bahkan di site project seperti A’A ini…. Namun kembali lagi ini adalah soal hobby, soal kepuasan bathin yang memang butuh penyaluran yang tepat.

Hingga akhirnya kita sampai pada saat ini…. zaman bergerak semakin modern yang semua dituntut semakin cepat diera digitalisasi…. Dan tentunya perubahan tersebut juga berimbas terhadap dunia Blog. Dari yang awalnya hanya sekedar hobby untuk menjadi pemuas kebutuhan bathin menjadi sebuah industri karena peran Blogger sudah mulai dan sedang dilibatkan sebagai partner pabrikan dalam memberikan product knowledge kepada pasar agar produknya semakin dikenali masyarakat luas.

Makanya sekarang itu tidak mengherankan brand-brand otomotive terpampang sebagai banner diberbagai blog yang menandakan Blogger tersebut bekerjasama dengan pabrikan tertentu. Toh jikapun memasang Banner tidak memungkinkan, masih ada metode-metode kerjasama lainnya semisal content placement yang layak untuk dipertimbangkan.

Sebuah hubungan yang saling menguntungkan untuk kedua belah fihak. Kenapa? Dari disi Blogger jelas ini sebagai sebuah ladang yang menghasilkan secara finansial, minimal bisa digunakan untuk menutupi biaya internet juga gula dan kopi. Sedangkan pabrikan mendapatkan sebuah branding image yang tentu tujuannya adalah angka penjualan terkerek naik. Saling enak dan mengenakkan kan?

Apakah dengan begini sang Blogger bisa disebut sebagai materialistik? Jawabannya adalah ora urus… sudah terlalu banyak waktu tersita, sudah terlalu banyak uang yang dibakar…. Dan dudah waktunya untuk mulai memanen dari hasil jerih payah srlama ini. Dan kalau ada fihak yang memberikan apresiasi berupa penawaran kerjasama kenapa juga gak diterima? Iya kan? Ya harus iya karena ini saat-saat yang sangat sulit ditengah pandemi…

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Blogger Otomotive, Dari Hobby Menjadi Industri. Mata Duitan?

  1. Priyo berkata:

    Hobby bisa berbagai macam, ya ada yang hoby menulis, hoby ngeblog, hoby bisnis…namun menurut pandangan saya pribadi ngeblog lalu kemudian mendapatkan uang dari situ kalo hasil adsense atau wordads atau bahkan dari brand itu wujud kalo blog tsb memang diakui dan terverivikasi menjadi blog yang patut untuk diberikan imbalan, namun kalo buzzer beda lagi lo ya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.