Fun Off Road, Malang – Bromo Via Jalur Level 2, Ngeri Cak !!!

aerox

aerox

atasaspal.com – Pagi itu…. sejuknya udara Malang menyapa dengan mesra seolah selaras dengan jarum jam yang berputar dengan iramanya mengajak seluruh rombongan Fun Off Road MPM Honda Jatim, Blogger dan Vlogger Jatim untuk segera prepare meninggalkan penginapan untuk menuju titik kumpul di MotoEastJava, Sulfat Utara, Kota Malang yang mana sekaligus menjadi titik start Adventure ke Bromo cak…. Perjalanan ke Sulfat Utara hanya memakan beberapa menit saja dan dari MotoEantJava inilah keseruan dan segala cerita termasuk tersungkurnya semua peserta bermula….

8 unit Honda CRF150L siap dibawa berpetualang, pun begitu dengan safety gear yang disiapkan MPM Honda Jatim beserta Goggles juga sudah dipersiapkan untuk kami pakai dengan manis…. Dan setelah segala persiapan dan safety check kelar, Sam Amik MotoEastJava yang menjadi Guide dalan Fun OffRoad ini memberikan briefing singkat kepada segenap peserta. Sekedar untuk Panjenengan ketahui, demi keamanan dan kenyamanan juga untuk menjaga agar tidak ada peserta ketinggalan yang tersesat, Sam Amik tidak sendirian cak… Sam Amik dibantu oleh Sam Paijo yang bertindak sebagai Sweeper dibelakang… Nah muantab pol kan????

Singkat cerita, briefing selesai… memanjatkan do’a… dan peserta bergegas ke Honda CRF150L masing-masing…. Bismillah budal cak…. peserta bergerak menuju Bromo membelah jalanan aspal Malang Raya selama lebih kurang 1 jam lamanya sebelum akhirnya sampai dipintu masuk Bromo via Tumpang…. jalanan aspal yang terbentang menyajikan kesan tersendiri karena baru pertama kali inilah A’A riding dengan motor trail yang bannya sudah digembosi… Hal ini wajar saja karena dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan offroad didepan…. rak yo lucu nrabas tapi ban e atos… iso mlese-mkese tenan cak…

Dari Loket pintu masuk ini rombongan Fun OffRoad bergerak menuju ke Jarak Ijo untuk selanjutnya ke Savana kecil untuk istirahat dan mengabadikan moment cekrek sana cekrek sini. Ah rutenya biasa saja… aman terkendali karena di Pucanglaban, Tulungagung sering menjumpainya…. batin A’A dalam hati cak… bisa dibilang kurang greget dan dalam hati ini menuntut yang lebih walaupun ini adalah kesempatan pertama membejek motir trail dihabitatnya… perasaan pongah dan over confident inilah yang mungkin menjadi pemicu awal akhirnya A’A tersungkur memeluk mesra tanah Bromo….

Yup cak… setelah dari savana kecil, rombongan bergerak menuju Puncak Pusung Kecil dengan membelah jalanan setapak yang lebarnya hanya beberapa inchi. Asem serem banget karena kondisi ini ditambah oleh kondisi jalanan yang tertutup oleh ilalang yang tinggi menjulang… konsentrasi disetel pada aras maksimum karena lena sedikit, nyawa bisa melayang disambut jurang dikiri kanan… Full konsentrasi, mata memandang kedepan, insting dituntut untuk selalu presisi memastikan roda depan tetap berada dilandasannya…

Mak plong cak…. ilalang-ilalang luar yang menghalangi pandangan sukses dilalui… padang jingglang tenan…. dan akhirnya selongsong gas kembali ditekan lebih dalam….. jalanan lurus, berkelok dan tanjakan diterjang dengan kecepatan tinggi (iki ukuran pemula loh cak) dan kemudian disambut oleh turunan tajam… GUBRAK…. A’A terjerembab jalanan tanah… roda depan keplese saat akan beralih jalur cak… sebuah harga yang dibayar lunas oleh kepongahan dan over confident diawal….

Jatuh gulung koming critane cak…. namun ternyata bukan A’A peserta pertama yang jatuh… ternyata sudah ada beberapa yang tersungkur lebih dahulu merasakan ekstrimnya medan… Bingkas bangun dan membejek gas lagi…. Edian makin kesini jalur ke Puncak Pusung Kecil makin nggilani cak…. semakin bikin ciut nyali karena salah perhitungan sedikit saja jurang sudah siap menyambut dengan mesra. Puncak Pusung Kecil terasa jauh banget dengan medan yang dilalui namun akhirnya mak ploooong banget karena akhirnya bisa sampai juga. Lego cak lego….

Di Spot Puncak Pusung Kecil ini ada sebuah kolam buatan untuk menampung air hujan dan sebuah gazebo yang siap untuk dijadikan tempat istirahat dan berteduh cak… Dipadu dengan view yang eksotis membuat peserta ingin berlama-lama disini. Namun sayang, kabut mulai turun yang membuat peserta harus bergegas puntir gas lagi menuruni ini puncak menuju Widodaren melalui Jurang Samad cak…. Edian ternyata jalurnya makin nggilani…. ternyata jalur kepuncak Pusung Kecil tidak ada apa-apanya cak… Jalur yang A’A sinyalir adalah jalur air saat hujan ini banyak banget lobangnya…. Ah… kembali lagi A’A harus menaikkan strata konsentrasi demi safety agar tidak gedubrak lagi….

Ekstrim cak… salah perhitungan bisa langsung mendahului rombongan sampai ditujuan nih… ceritanya tergelincir mesra…. amit-amit cak… Dan syukur alhamdulillah setelah melalui Jurang Samad ajhirnya sampai juga di Widodaren cak…. Dari sini Bromo sudah kelihatan dekaaaaaat banget… Namun rombongan tidak langsung menuju Pasir Berbisik akan tetapi bermain-main terlebih dahulu dengan Honda CRF 150L dihamparan pasir cak…. Dan gundukan kecil menjadi pelampiasan untuk dijadikan landasan menerbangkan sang motor trail Honda tersebut…. judule ngetrail-ngetrail dulu cak…. puas? Ya tentu belum namun sudah bisa untuk dijadikan sebagai sarana relaksasi setelah ketegangan yang terjadi selama menuruni puncak….

Pasir berbisik yang ada dibalik gunung menjadi destinasi… praktis perjalanan kali ini melalui medan berpasir…. gak greget? Eit jangan beranggapan seperti itu karena bawa motor diarea berpasir itu tidak sama seperti dijalanan aspal… ra percoyo? Monggo dicoba 😂😂😂😂 beda gaya riding cak…. jika diatas aspal peran tangan menjadi yang paling utama dalam menjaga kestabilan motor, maka diarea pasir begini peranan kaki jauh lebih besar dalam menjaga keseimbangan. Riding sambil berdiri, tangan biarkan rileks dan kaki akan mengambil perannya menjadi penyeimbang….

Beberapa menit sudah sampai dipasir berbisik… kembali peserta istirahat dan mengabadikan moment disaat gunung Bromo sedang batuk eh erupsi kecil…. disini gak lama cak…. perut yang keroncongan minta diisi menjadi penyebab utama rombongan segera bergegas menuju Lava View untuk makan siang cak…. keadaan perut yang sedikit lapar dan kerongkongan yang haus ditumpahkan direstoran tersebut…. diiseni sampe full cak… Asem habis santab siang lah kok gejala ngantuk melanda…. bahaya itu….

Maka dari itu, untuk mengusir gejala tersebut, rombongan segera bergegas menuju lautan pasir Bromo…. hanya beberapa menit dilautan pasir karena kabut sudah hampir menutupi jalan pulang cak… selongsong gas dibejek dalam, CRF150L meluncur dengan cepat… mencoba mengintip dashboard, gila cak…. 86 kmj melaju diatas lautan pasir… sebuah angka yang membelalakkan mata… kenapa? Jawabannya kita bahas diartikel terpisah ya cak….. akan sangat panjang dan membosankan jika dibahas disini…..

Back to topic….. akhirnya Pohon cinta yang menjadi spot terakhir sebelum kembali ke Malang dicapai juga…. semilir angin dingin Bromo menyapa, membelai dengan mesra…Uenak banget untuk istirahat cak…. melepaskan penat, merefresh konsentrasi dari sisa-sisa perjalanan membelah lautan pasir bromo…..

Say Good By Bromo… Rombongan akhirnya bergerak meninggalkan Bromo, meninggalkan lautan pasir, meninggalkan Savana dan juga meninggalkan kenangan yang tak terlupakan….. Terimakasih Honda jatim telah memberikan pengalaman yang sangat berharga…. sebuah moment first offroad, sebuah moment yang nantinya bisa dijadikan cerita untuk menina bobokkan anak cucu…. Terimakasih Sam Amik dan Sam Paijo dari MotoEastJava yang memberikan rute level 2 dari 4 level Malang – Bromi yang ada….

First OffRoad Malang – Bromo? Memang kueren pol dalam event MPM Fun OffRoad With Blogger Vlogger Jatim….

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding…

Pos ini dipublikasikan di 150cc, adventure, honda, umum dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s