Diam-Diam Honda Tiger Injeksi Lahir Di Unsuri!

aerox

atasaspal.com – kang bro… Honda Tiger, sebuah brand yang tentunya tidak bisa lagi dipungkiri mempunyai nama besar dijagat permotoran Indonesia dan mempunyai komunitas yang sangat solid! Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 90an tepatnya pada 1993 silam yang mana jauh sebelum hadirnya Ninja 250, R25, CBR 250, Inazuma 250 ataupun CBR250RR. Dibekali dengan mesin 4 tak 200cc berbasis mesin GL dan berpower nggegirisi pada zamannya serta berdesain out of box kalau boleh dibilang karena pada zaman itu kebanyakan motor yang beredar di Indonesia desain tangkinya mengkotak, beda banget dengan Tiger yang gemuk.

tiger injeksi

Seiring perjalanan sejarah sang macan sejak dilahirkan pada 1993 silam, AHM telah beberapa kali melakukan facelift pada sang kuda besi dan facelift terakhir yang dilakuakan adalah pada tahun 2012 sebelum akhirnya disuntik mati pada tahun 2014 silam. Generasi pertama dari Honda Tiger 2000 ini berlampu bulat sedangkan pada edisi terakhir Honda Tiger ini berlampu dua beda bentuk antara yang kiri dan kanan. Yang sebenarnya ini adalah model 2010 namun mengalami refreshment pada sektor striping saja pada edisi terakhir.

tiger injeksi 2

Nah, pasca disuntik matinya Honda Tiger ini, seolah AHM derdiam diri saja walaupun publik tanaha air selalu menantikan akan hadirnya kembali sang macan meramaikan jalanan Indonesia. Namun sekali lagi seolah AHM hanya berdiam diri tanpa melakukan apapun langkah untuk melahirkan kembali sang Cruiser… Hingga akhirnya Wisnu Widhi Nugroho, seorang pemilik Honda Tiger 2000 mengambil langkah sendiri memodifikasi sang tiger kesayangan dengan memodifikasi sistem pengapian sang macan dari sebelumnya sistem karburator menjadi injeksi.

tiger injeksi 3

Menggandeng Hermanu ST MT, dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya yang memang juga hobby dalam hal modifikasi mesin terlebih pada sektor injeki mesin yang mana juga telah banyak karya motor karburator yang dirubah ke sistem injeksi dihasilkan. Namun sang Dosen berkenan mengerjakan proyek tersebut dengan catatan bahwa yang mengerjakan modifikasi Honda Tiger 2000 ini adalah mahasiswanya di Teknik Mesin Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya dan dibawah bimbingan langsungnya.

tiger injeksi 1

 

“Teknologi Injeksi termasuk awam bagi masyarakat sehingga perlu dikenalkan lebih sering atau dalam termasuk pada para mahasiswa saya. Semua pabrikan motor menggunakan teknologi Injeksi, sehingga memberikan ketertarikan untuk mengubah Injeksi pada motor-motor lama yang masih karburator.  Teknologi Injeksi adalah teknologi masa depan, perlu pembelajaran yang semakin sering, akan membuat jam terbang tinggi dalam mengatasi permasalahan motor injeksi. Sebagai bekal saat para mahasiswa ini lulus nanti,” kata Hermanu ST selaku dosen yang juga kepala laboratorium Teknik Mesin Unsuri

Mengambil tempat di laboratorium Teknik Mesin Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya, akhirnya modifikasi Tiger 2000 dari karburator ke injeksi dilakukan mahasiswa Teknik Mesin Unsuri dengan dibimbing langsung Hermanu ST MT dilakukan. Lantas apa saja sih yang diganti hingga akhirnya sang Tiger 2000 ini menjadi motor injeksi? yang diganti adalah karburatornya dengan seperangkat part dari Honda CB150R yakni throttle bodi, injektor, kabel bodi dan pompa bahan bakar.

“Untuk popa bahan bakar oleh para mahasiswa ditempatkan diluar tangki atau terpisah dengan tangki. Tujuannya supaya tangki tetap dalam bentuk standar,” kata Hermanu ST MT.

Menariknya nih kang, pompa bahan bakar ditempatkan di belakang rangka tengah dan dibuatkan dudukan dan rumahnya. Sedangkan untuk ECUyang dipakai adalah ECU Juken5 yang mana dikatakan bahwa ECU tersebut bisa diprogram sehingga bisa menjadi bahan riset untuk para Mahasiswanya kang…. Sedangkan untuk bagian magnet masih mempertahankanmagnet aseli dari Honda Tiger tersebut hanya saja dimodif di bagian pick up atau tonjolan magnetnya saja dengan jumlah, sudut dan dimensi dari pick up tersebut disuaikan dengan punya CB150R sehingga sensor bisa membaca pengapian dan semburan bahan bakar dari injektor.

Sumber Tiger Injeksi dari: Kukuh Auto

 

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal

Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di honda, modifikasi, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s