Uji Performa Surabaya Bromo: XMAX 250 Connected Bisa Apa?

atasaspal.com – Udara Surabaya A’A hirup lagi setelah seminggu sebelumnya juga bersirkulasi pada paru-paru diri ini. Bedanya kali ini terasa lebih segar, lebih menyehatkan dan lebih bergelora, sebergelora menantikan sensasi pengalaman berkendara jarak jauh dengan XMAX 250 Connected dalam gelaran event Navigate To The Max Tour De Bromo 2023 yang diprakarsai PT. STSJ, Main Dealer Yamaha wilayah pemasaran, Jatim, Nusra dan Kaltara. Aseli penasaran banget akibat seminggu sebelumnya sudah icip-icip sang motor matic Tourer ini disekitaran Citraland. Gimana ya kalau buat perjalanan jarak jauh? Dipakai perjalanan Surabaya Bromo XMAX 250 Connected bisa apa?

Spot Instagramable Bromo

Segala prepare dilakukan mulai dari download, install dan mengkoneksikan aplikasi y-connect dan streetcross Garmin untuk mengkoneksikan gadget pada motor. Ajegile fitur ini membuat berkendara semakin aman karena posisi real jalanan terpampang secara lebar dan jelas pada console display. Jadi, dengan adanya fitur Navigate ini, kemungkinan untuk kebablasan dan makan jalan bisa diminimalisir. Selain itu juga tentunya dengan fitur Navigate yang ada pada Yamaha XMAX 250 Connected membuat touring anti tersesat kendatipun dalam kondisi nirinternet!

Kelar berbagai persiapan, rombongan 10 awak Media dan Blogger Jatim terpilih start juga menuju Cafe Bunga Pasuruan sebagai titik rest pertama.

Nyaman, sangat nyaman dan lebih nyaman berbanding generasi sebelumnya hasil sumbangsih dari revisi stang yang lebih lebar 2cm. Dibuat bermanuver dalam hiruk pikuk lalulintas Surabaya, menari bersama liukan jalanan aspal, nurut banget! Ya, Center Of Grafity yang terkonsentrasi ditengah (dibawah bokong pengendara) membuat motor maxi bongsor ini begitu mudah dikendalikan. Pengereman juga terasa lebih pakem dan saat meremas tuas rem terasa lebih lega! Ya, seolah berat isi XMAX 250 Connected seberat 181kg dengan kapasitas tangki bbm sebesar 13 liter ini tidak berarti. Nurut banget!

Apalagi saat mencoba untuk sedikit speeding dengan kecepatan lebih kurang 120kpj dijalanan sekitar Porong, tidak ada gejala limbung. Peredaman pada suspensi depan dan belakang bekerja dengan optimal. Terasa lebih stif sih berbanding generasi sebelumnya namun tentunya hal tersebut terkompensasi dengan seimbang oleh kinerja yang diberikan.

Jalanan meliuk tersaji sesaat sebelum sampai pada Cafe Bunga, seolah menantang ‘ayo makan aku’ atau bahkan seolah mengatakan bahwa ‘motor bongsor akan kuwalahan melewatiku’. Bejek gas namun tetap mengedepankan safety first. Banting kanan banting kiri menari mengikuti irama dan rentak jalanan yang terpampang. Handling lincah dan roda tetap menempel sempurna pada aspal kendatipun pada beberapa titik jalanan terasa bumpy. Pada moment seperti ini, kembali Center Of Gravity yang berada dibawah bokong dan Traction Controll System (TCS) yang ada pada XMAX 250 Connected memberikan pelayanan prima. Ahay, tikungan jalanan ‘angkuh’ tersebut tertutup kecongkakannya dengan sendirinya. Good Bye Sliding! Good Job Yamaha!

Kelar dari sini, Bromo melambai dan siap untuk ditapaki. Delivery power XMAX 250 Connected mengalir dengan smooth dan tidak meledak ledak namun selalu melimpah saat throtle dibuka. Dari putaran rpm bawah, menengah hingga atas, semua tersalur secara rata. Dan inilah salah satu keistimewaan XMAX 250 Connected karena pada kebiasaannya, motor itu pasti memiliki titik lemah delivery power karena dikompensasikan dengan delivery power pada rentang rpm lainnya.

Lautan Pasir berbisik dengan segala karakteristiknya bisa dibilang tanpa hambatan mampu untuk dilibas kendatipun angin yang terperap pada roda tidak dikurangi dan tetap menggunakan settingan kekerasan untuk penggunaan jalanan aspal. Ah… Kembali handling dari Yamaha XMAX 250 Connected memberikan sensasi tersendiri yang begitu menggairahkan. Bahkan disini pula mencoba untuk speeding namun kembali lagi tetap mengedepankan sisi safety karena pada beberapa bagian, tanah pasir tidak semuanya padat akibat dalam beberapa waktu terakhir diguyur oleh curah hujan.

Kembali lagi tentang performa power XMAX 250 Connected. Bahkan Penanjakan yang ‘mengerikan’ yang sebisa mungkin dihindari dan kerap menjadi momok menakutkan para biker penyemplak matic sukses dilibas kendatipun dalam keadaan berboncengan dan tanpa ancang-ancang. Buka throthle, XMAX 250 Connected langsung melejit. Ah…. Begitu mengujakan!

Saat sudah berada dipuncak Penanjakan dan jalanan mulai menurun landai dan beberapa bagian begitu curam, hujan malah datang bertandang. Sempat was-was juga mau turun karena jalanan aspal juga menjadi jalan air. Kerikil bercampur tanah berserakan berbaur dan ataupun berkamuflase siap untuk memberikan potensi bahaya. Ditambah lagi kabut pekat yang seolah enggan melewatkan adanya sebuah pesta. Lengkap sudah tantangan saat mengendarai XMAX 250 Connected. Namun, semua sukses terlalui, kembali Traction Control System memberikan perlindungan terhadap potensi bahaya yang tercipta. Pun juga sektor pengereman Anti Brake lock System-nya yang bekerja optimal memberikan perasaan aman saat mengoperasikannya. Bahkan digunakan secara extreme hard bracking!

Basah kuyup dan agak njedindil kendatipun menggunakan jas hujan pakde… Namun Alhamdulillah semua rombongan selamat tiba di hotel dalam keadaan selamat tanpa kurang suatu apa.

Lalu gimana dengan konsumsi bahan bakar XMAX 250 Connected? Untuk ukuran motor kubikasi 250cc dan medan jalanan yang diarungi, A’A mengacungi jempol karena Avverage yang mencercah angka 31.4kml adalah sebuah angka yang bisa dikategorikan sebagai irit namun tidak mengorbankan performa. Ya, kelihatannya perubahan tempat letak o2 sensor yang sebelumnya berada di silinder head yang dipindah leleher knalpot memberikan sumbangsih terhadap kinerja pembakaran hingga goal point-nya keefisiensian bahan bakar yang lebih optimal tercipta.

Lantas dari perjalanan tersebut, secara kesimpulan gimana sih sebenarnya XMAX 250 Connected menurut pendapat peribadi A’A?

  • Lewat fitur Navigate membuat perjalanan menjadi anti tersesat kendatipun tanpa koneksi internet. Dan yang lebih penting lagi dengan adanya fitur ini, membuat kita bisa membaca jalanan yang akan dilalui seperti apa kelokannya. So selamat tinggal blindspot!
  • XMAX 250 Connected ini memiliki performa yang rata diberbagai rentang rpm mulai bawah, menengah dan juga atas. Jadi selamat tinggal ancang-ancang saat melibas tanjakan
  • Suspensi XMAX 250 Connected memberikan peredaman optimal diberbagai kontur jalanan. Melibas speedcorner pun begitu stabil dan tidak ada gejala gliyur pada area depan layaknya generasi sebelumnya.
  • Pengereman terasa lebih pakem dan nyaman oleh sumbangsih tuas rem yang semakin panjang.
  • Visibilitas sein depan semakin lebih baik dan lebih mudah terlihat dari lawan arah sehingga sangat menunjang faktor safety dijalanan.
  • Perubahan letak o2 sensor dari silinder head ke leher knalpot memberikan sumbangsih terhadap efisiensi bahan bakar yang semakin lebih baik. Surabaya Bromo pp tentunya plus muter-muter mengarungi Bromo mencercah angka 32.6 Average.
  • Ujung samping seat depan yang dipepes dan kini lebih tirus membuat pengendara enggak sejinjit layaknya pada versi sebelumnya.
  • Bagasi super besar berkapasitas 44.9 liter siap menampung berbagai macam barang bawaan.
  • Dalam kondisi full, Tangki BBM berkapasitas 13L membuat perjalanan menempuh ratusan kilometer dalam 2 hari ini membuat XMAX 250 sama sekali tidak mengisi ulang BBM. Bahkan masih menyisakan 2 bar. Hal ini membuktikan bahwa motor ini begitu efisien dalam mengkonsumsi BBM.
  • Adanya Port Charger pada console bagasi depan sisi kiri membuat kita tidak perlu was-was mengalami lowbat gadget kesayangan selama dalam perjalanan.

So terimakasih kepada Yamaha STSJ dan Yamaha Indonesia yang sudah memberikan kesempatan untuk bersama dalam berbagai kehangatan dan experience dalam touring Navigate To The Max Tour De Bromo 2023 selama 2 hari kemarin. Sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa! Sampai jumpa di next event. Terimakasih!

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 250cc, adventure, komunitas, matik, umum, yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.