Review Harian: 10 Kelebihan CB150X! Apa Saja?

atasaspal.com – Pakde… setelah daily use review CB150X selama 1 minggu penuh dan menghabiskan 300 km lebih, A’A menemukan setidaknya ada 10 point keunggulan ataupun istilah kerennya selling point dari motor sport adventute terbaru dari Honda ini. Ya, 10 hal positive yang setidaknya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membeli motor yang dibanderol direntang harga Rp 33-34 jutaan OTR Tulungagung, Jawa Timur. Lalu apa saja keunggulan dari motor Adventure kelas 150 pertama di Indonesia ini? Hayuk lanjut membaca.

Sebelum lanjut kepokok bahasan 10 keunggulan CB150X, pertama-tama A’A ucapkan terimakasih kepada Karya Agung Motor Boyolangu, Dealer Honda Tulungagung dan juga merupakan jaringan penjualan dari Delta Sari Agung, Sidoarjo, yang telah meminjamkan unit CB150X untuk keperluan daily use review. Dan sekedar untuk panjenengan ketahui bahwa kendatipun unit tersebut merupakan unit pinjaman, namun hasil review akan tetap independen dan tidak terpengaruh dari hal tersebut. Ok lanjut…

Sebagai gambaran pada daily use review CB150X tersebut selalu dilakukan di wilayah kecamatan Pucanglaban yang memiliki berbagai karakter medan jalanan baik lurus, keriting, tanjakan ataupun turunan. Motor ini dipakai keluar dari wilayah Pucanglaban hanya pada saat mengambil dan mengembalikan motor ini dari dan ke Dealer Karya Agung Motor Boyolangu, Tulungagung. Juga pada waktu pengambilan dokumentasi di Pantai Pasur, Blitar. Selebihnya PucanglabanPucanglaban dan sekali hidup mesin hanya menempuh jarak beberapa km saja.

REVIEW 10 KEUNGGULAN CB150X

1. MESIN

Mengusung platform mesin yang sama dengan CBR150R yang cenderung mengail top speed dan CB150R yang mengekspos sisi tarikan bawah, CB150X dengan genre Adventure yang diusung ini menyuguhkan tarikan rpm menengah sebagai selling point.

Lupakan tarikan bawah yang njengat ataupun top speed yang tinggi karena motor ini diciptakan bukan untuk 2 hal tersebut. Ya, motor ini diciptakan untuk kenyamanan berkendara mengarungi perjalanan jarak jauh khas motor-motor tourer lainnya yang beredar didunia.

Menggunakan motor ini kendatipun hanya perjalanan jarak pendek selama daily use review ataupun juga jarak jauh pas Touring Kemerdekaan beberapa waktu lalu bisa disimpulkan bahwa inilah motor sport ternyaman yang pernah A’A coba!

2. KONSUMSI BBM

Jarak 340km secara total dari pertama kali menghidupkan mesin hingga mematikan kontak pas pengembalian unit, average konsumsi BBM CB150X mencercah angka 48.1kml dengan detail rincian yakni 47.8 kml (video terlampir diatas) saat dipakai dimedan jalanan pegunungan Pucanglaban dan angka tersebut membengkak saat perjalanan ke Tulungagung Kota hingga akhirnya mencercah angka 48.1 kml saat tiba di Dealer Karya Agung Motor Boyolangu.

Lumayan irit kan? Apalagi dengan ukuran kapasitas tangki BBM sebesar 12 liter, motor ini A’A perkirakan akan mampu menempuh jarak diatas 570km dengan sekali isi penuh dan melibas perjalanan jarak jauh. Sebuah jarak yang jauh setara Tulungagung – Bali.

3. SUARA KNALPOT

Kepribadian ganda? Whatever lah gimana menyebutnya namun yang pasti memang suara knalpot CB150X ini mempunyai dua karakter. Ngegas saat stationery dan cempreng kering saat gas dibejek. Dan ini merupakan saya tarik tersendiri karena punya karakter tersendiri. Aseli beda dengan CBR150R dan juga CB150R kendatipun mengusung basis mesin yang sama.

4. RIDING POSITION

Posisi punggung tegak, stang lebar dan tidak terlalu tinggi, tangan sedikit menekuk. Jarak stang dengan badan terasa pas. Dan posisi segitiga kaki jauh lebih rileks ketimbang CB150R.

Dengan posisi riding yang sebegini, stress yang biasanya terjadi pada area tangan, punggung juga kaki yang biasanya menjadi tumpuan mampu dinetralisir dengan maksimal. Hasilnya, kadar kecapekan bisa diminimalisir.

5. BONCENGER POSITION

Lalu bagaimana dengan posisi boncenger? Posisi duduknya cukup nyaman, punggung tegak dan kaki menekuk dengan nyaman. Sehingga saat gas dibejek, efek seperti ketarik ke belakang tidak begitu kerasa. Untuk lebih jelasnya, simak pada video terlampir diatas ya pakde.

6. SHOCK BREAKER

Pada area depan, CB150X ini dibekali dengan suspensi USD Showa sff-bp yang mempunyai panjang 765mm dan besar 37mm inverted yang terasa empuk sehingga bisa memberikan peredaman lebih maksimal saat melibas jalanan jeglong-jeglong.

Sementara untuk shock breaker belakang dibekali dengan dua ulir rapat dan renggang. Karakternya terasa keras saat untuk single riding namun terasa pas saat dipakai untuk boncengan.

7. HANDLING

Satu kata lincah! Kendati motor ini dimensinya masuk kategori bongsor, namun CB150X enak banget untuk ditekuk-tekuk dan selap selip di kepadatan jalan perkotaan. Ya, sensasi ini A’A rasakan saat membelah jalanan padat kota Malang dalam Touring Kemerdekaan silam. Jika diilustrasikan, feel handling CB150X ini mirip dengan feel dari CB150R.

8. WINDSHIELD

Memberikan perlindungan maksimal. Saat panas sumuk, coakan alias lobang yang ada pada winshield mampu mengalirkan sirkulasi udara dengan baik sehingga rasa-rasa sumuk mampu dinetralisir dengan baik. Pun begitu saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Terpaan angin dari arah depan mampu dibelokkan keatas hingga angin yang menerpa helm secara langsung mampu direduksi.

9. DISPLAY METER

Cukup kompit. Ada tako meter, odi meter, speedo meter, jam, trip, average konsumsi BBM dan juga status bar BBM terdisplay dengan visualitas cukup jelas karena adanya ‘topi’ yang melindungi.

10. DESAIN

Overall cukup bisa mewakilkan karakter bahwa ini adalah motor tourer. Soal desain A’A no comment karena AHM begitu lihai memainkan lekukan-lekukan, guratan-guratan hingga pada satu kesatuan terciptalah Honda CB150X ini.

Nah itu tadi hasil dari review CB150X yang A’A lakukan sepanjang 7 hari penuh dan semoga ulasan ini setidaknya mampu memberikan gambaran kepada panjenengan tentang gimana sih sebenarnya sosok Honda CB150X.

Namun bak peribahasa yang menyatakan bahwa tidak ada gading yang tidak retak, begitupun juga dengan sebuah produk dalam hal ini CB150X. Dimana ada kelebihan pasti dan tentu mempunyai sisi kekurangan karena sejatinya produk itu dibuat adalah mengakomodir ‘suara’ terbanyak yang dihasilkan dalam sebuah riset panjang. Tidak bisa mengakomodir 100℅.

Yawes gitu dulu karena setelah ini A’A akan langsung maraton mereview ADV 160 dan langsung lanjut beberapa motor lainnya.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 150cc, adventure, honda, opini, review, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.