Yakin Cara Berkendaramu Sudah Aman? Kenali Safety Check Terlebih Dahulu.

atasaspal.com – cak… mungkin diantara panjenengan semua masih belum ada apakah itu safety check dan betapa pentingnya sikap tersebut dalam menunjang keselamatan berkendara. Ya, ini adalah sikap menoleh kebelakang ketika kita berada diatas motor sebelum kita memulai berkendara. Tujuannya yakni adalah untuk mengetahui keadaan dibelakang kita apakah ada kendaraan yang melintas atau tidak sehingga saat kita memutuskan untuk masuk kebadan jalan benar-benar sudah dalam keadaan yang aman… lebih kurang begitu.

Apakah Safaty Check ini penting? Jika ditanya penting atau tidak, jelas sikap ini sangat penting. Kenapa? Nah ini menarik banget untuk dibahas dan dijabarkan karena A’A pernah dan bahkan sering menjumpai orang-orang yang berkendara seoalah menyepelekan sikap safety check tersebut. Namun sebelum lanjut, monggo siapkan dulu cemilan dan minuman sebagai peneman karena kita akan muter-muter terlebih dahulu biar lebih dapat lagi ilustrasinya yak….

Beberapa tahun lalu atau lebih tepatnya sebelum 2017 silam, A’A menganggap dikap safety check ini adalah sesuatu yang gak begitu penting walaupun pada kenyataannya saat berkendara sering dibuat mengumpat al misuh gegara kelakuan orang yang mengabaikan sikap ini. Dari halaman, bahu jalan ataupun persimpangan, mereka langsung nyelonong masuk tanpa berusaha melihat dan mencari tahu apakah aman jika dia mengambil keputusan untuk masuk kebadan jalan.

Namun setelah sebuah kejadian nahas yang hampir merenggut masa depan cerah seorang sahabat sekaligus senior, cara pandang A’A langsung berubah. Jujur cak…. sebelum itu gaya berkendara A’A tidak kalem seperti saat ini alias sruntulan banget. Yup, pasca kecelakaan yang menjadi pembelajaran berharga tersebut, ndilalah MPM Honda Jatim menyelenggarakan Safety Riding Course for Blogger & Vlogger Jatim. Dan A’A menjadi salah satu peserta yang menimba ilmu…

Dan dari situ dapat diketahui dengan gamblang bahwa ternyata cara berkendara yang selama ini sudah A’A rasa baik dan benar ternyata salah kaprah. Jangankan cara hard bracking atau bahkan cara menjaga keseimbangan lawong safety check saja sudah amburadul 😂😂😂😂 Asemb belajar berkendara yang baik dan benar itu sesuatu yang sangat susah karena harus merubah kebiasaan yang sudah terpola dari sejak mulai belajar. Dari pengetahuan asas yang diberikan oleh tim Safety Riding MPM Honda Jatim, A’A berusaha untuk lebih aware terhadap keselamatan berkendara… bukan hanya untuk diri ini tapi untuk kenyamanan dan keselamatan orang dan atau pengguna jalan disekitar kita.

Setelah beberapa tahun berlalu, akhirnya ilmu Safety Riding ini A’A bisa dapatkan lagi dari Astra Motor Bali pada Jum’at 15 Mei 2020 melalui kopdar online bertajuk CariAman dijalan raya apalagi saat mencari berita… ya walaupun hanya sekedar teori namun toh setidaknya bisa mengingatkan apa yang sudah dipelajari dan mungkin juga tanpa sadar sudah ditinggalkan dalam menunjang keselamatan berkendara…. Hingga akhirnya munculah tulisan ini sebagai pengingat kita semua bahwa safety check itu sangat penting.

Back to topic…. Sudah benarkah cara berkendaramu? Kira-kira Panjenengan sudah merasa benar atau belum? Jika sudah tidak ada salahnya menghabiskan artikel ini namun jika ingin membacaya sampai selesai toh juga tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Dan untuk panjenengan yang merasa belum benar, stay tune yak…. semoga kita semua mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat….

Pernahkah Panjenengan mengalami kejadian saat riding santai, sedang ataupun kencang tiba-tiba ada pengendara yang main masuk nyelonong kebadan jalan dan mengambil ataupun menutup jalur panjenengan tanpa terlebih dahulu memeriksa apakah akan aman jika dia masuk? A’A percaya panjenengan sudah pernah atau bahkan sering mengalaminya. Sebabnya adalah dangkalnya pengetahuan ataupun rendahnya kesadaran tentang keselamatan berkendara.

Tentu bagi Panjenengan yang tidak antisipatif akan glagepan dan berpotensi mengambil keputusan hard braking jika dirasa untuk menghindarinya tidak mungkin. (Untuk teknik hard bracking insyaallah kita bahas dikesempatan terpisah cak…) Mungkin njenengan akan misuh ataupun syukur-syukur mengucap istighfar atas apa yang terjadi. Namun bagi yang antisipatif, belum menjadi sesuatu yang fatal walaupun sangat menghawatirkan.

Lalu bagaimanakah cara melatih agar bisa berkendara dengan selamat? Jawabannya butuh waktu, semua butuh proses, butuh pembelajaran teori dan praktek… dan yang juga penting adalah melatih pembiasaan. Dari yang awalnya tidak menoleh kebelakang, dimulai untuk dibiasakan. Ini dari sisi safety check saja cak…. dan masih teramat banyak yang harus dipelajari untuk kemudian diimplementasikan…. namun ndak usah kesusu…. kalau kata coklat sih pelan-pelan saja… ok?

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, 150cc, 250cc, honda, komunitas, umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yakin Cara Berkendaramu Sudah Aman? Kenali Safety Check Terlebih Dahulu.

  1. Balibaliku Otomotif berkata:

    Wow up up neh buat bali dikit.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.