Kenapa Rem Bisa Blong? Mengenal Safety Bersama Honda Bali.

atasaspal.com – cak…. sebagai biker, mobilitas berkendara memakai sepeda motor adalah rutinitas yang bisa dikatakan sebuah menu wajib. Yup…. namun terkadang kita sendiri atau bahkan Panjenengan dalam menggunakan sepeda motor hanya sekedar bisa berkendara…. tanpa mengenal bagaimanakah safety riding yang baik. Dan syukur Alhamdulillah kemarin, 15 Mei 2020 A’A dan Media, Blogger Vlogger Bali kembali meet up virtual dengan topik bahasan Cari Aman dijalan raya, apalagi saat memburu berita.

Walaupun pembahasan hanya sekedar teori, toh banyak juga siraman ilmu dan wawasan yang didapat dari kopdaring ini…. Apalagi pematerinya adalah Bro Yoyo, instruktur Safety Riding Astra Motor Bali yang tentunya soal kapasitas dan kapabilitas sudah sangat teruji. Ah…. jadi ingat memori indah saat Safety Riding Cource MPM Honda Jatim 2017 silam nih cak… Sebuah rasa kangen yang wajar karena memang dari sanalah pertama kali A’A mengenal pendidikan ini.

Back to topic…. Dari kopdaring with Honda Bali tadi malam banyak banget hal yang menjadi bahasan antara lain :

  • Safety Check
  • Fokus Pandangan
  • Posisi Tubuh
  • Aware terhadap sekitar
  • Jarak ideal dan aman baik saat single riding ataupun touring
  • Manajemen Touring
  • Berkendara aman saat berkabut dan jalanan tanpa marka
  • Pengereman
  • Penyebab dan Solusi Rem Blong
  • Tips mengatasi trauma berkendara
  • Menyalakan lampu sein yang ideal

Dan sebetulnya masih banyak lagi namun hanya A’A sebutkan saja secara garis besarnya saja cak… kenapa? Takut kalau terlalu panjang, panjenengan akan merasakan mual membacanya 😂

Dari hal-hal mendasar diatas, sebetulnya semuanya sangat mrnarik untuk dibahas secara mendalam namun pada artikel kali ini kita hanya akan membahas salah satu hal yang paling mendasar dan banyak orang yang saat ini masih kesulitan memanajemen hal tersebut. Hal apakah itu?

Pengereman cak…. kenapa A’A membahas hal ini untuk dijabarkan? Satu hal yakni karena banyak yang mengalami kendala rem blog saat berada pada kontur jalanan yang menurun dan jaraknya panjang. Bagaimanakah cara memanajemen pengereman?

Penyebab Rem Blong

Untuk pengereman, kita periksa dulu cara kita berkendara… sudah betul apa belum. Maksudnya? Perhatikan tangan kanan dan kiri… Apakah memposisikan jari diatas handle rem? Jika iya, berarti hal tersebutlah yang mengambil porsi tanpa disadari hingga mengalami rem blong. Sek sek sek maksudnya?

Jadi gini… ilustrasinya adalah jika jari berada diatas handle rem, tanpa disadari jari2 tersebut akan sedikit menarik tuas rem… akibatnya… lama kelamaan kampas rem yang bergesekan dengan cakram akan berada pada titik panas. Dan pada saat ingin digunakan rem sudah tidak dalam keadaan yang optimal. Bisa bahaya banget kan akibatnya?

So, bagaimanakah posisi tangan yang baik saat menggenggam stang kemudi? Genggam penuh dengan semua jari. La terus jari tidak standby diatas rem dong? Yup bener banget…. tapi kan susah karena sudah terbiasa dengan posisi tersebut…. memang susah untuk merubah kebiasaan tersebut tapi demi kebaikan dan keselamatan berkendara, harus dibiasakan kembali cara yang benar.

Perlu diingat posisi jari diatas handle rem tersebut hanya digunakan untuk saat-saat tertentu saja yang membutuhkan respon super cepat. Misalnya berkendara dikeramaian kesesakan lalu lintas, jalanan licin, tikungan pendek-pendek dll… intinya jangan digeneralisir karena jari punya fungsinya yang tersendiri.

Solusi mengatasi rem blong

Itu soal posisi jari…. jika posisi jari kita sudah benar dan tidak ada masalah, tentu ada masalah pada teknik pengereman ysng kita pakai jika sampai mengalami kendala rem blong. Maksute?

  • Apakah terus menerus menekan handle rem?

Jika iya, berarti sudah salah kaprah dan itulah penyebabnya. Rem punya batasan panas pada daya kinerjanya pakde…. jika terlalu panas ya tidak akan optimal…. apes-apes malah gagal berfungsi. Tips agar rem tetap bekerja dengan optimal adalah gunakan teknik remasan. Tekan lepas… tekan lepas… bisa secara bergantian atau bersamaan atara rem depan dan belakang…. tergantung situasinya gimana…. gitu…

Sebetulnya A’A ingin membahas lebih dalam lagi dan lagi namun takut kepanjangan dan panjenengan malah ngelu dibuatnya. Yang penting secara garis besar sudah bisa tersampaikan dan semoga setelah membaca artikel ini, BroSis tidak akan mengalami yang namanya rem blong.

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, 150cc, 250cc, adventure, honda, umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kenapa Rem Bisa Blong? Mengenal Safety Bersama Honda Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.