Atasaspal, Dari Orok Hingga Kerjasama Pabrikan

aerox

atasaspal.com – cak… semenjak pertama kali ‘berkenalan’ blog 2009 silam hingga akhirnya menemukan ‘puzzle’ yang hilang itu di atasaspal.com di tahun 2014 silam setelah sekitar 5 tahun ngeblog. Cukup lama untuk menemukan kepingan puzzle tersebut ya? 😊 A’A merasakan banyak sekali suka duka dalam perjalanan ini…. sebuah perjalanan panjang yang melelahkan namun sebanding dengan keasikan dan manfaat yang didapatkan. Syukur alhamdulillah karena pada dasarnya lahirnya warung kecil diujung utara semenanjung Malaysia ini hanya sebatas sebagai penyalur uneg-uneg terhadap dunia otomotive roda dua.

Dari awalnya hanya sebagai penyalur uneg-uneg baik itu tentang apresiasi atau bahkan kritikan, warung ini terus menyajikan menu-menu yang fresh namun terkadang menjemukan, tetap saja yang ditulis adalah uneg-uneg, bukan berita-berita layaknya kebanyakann blog mada itu. Apresiasi dan kritikan… yup, itulah menu warung ini pada masa babat nya dulu. Bahkan saat warung ini masih orok saja sudah beberapa kali kena ‘kring’ pabrikan yang merasa informasi yang A’A tulis dirasa merugikan brand image mereka. Ya tidak apa-apa toh tulisan tersebut berupa fakta dan bukan hanya sebagai opini belaka.

Diminta untuk meng’hide’ artikel? pada awalnya sih gimana gitu rasanya… dag dig dug berbagai rasa bercampur jadi satu antara ndredeg karena takut ada yang salah dengan artikel yang ditulis, bungah sumringah karena ternyata uneg-uneg ini dibaca dan mendapatkan perhatian pabrikan. Namun seiring berjalannya sang waktu dan beberapa kali lagi. Kena ‘kring’, semua menjadi hal yang biasa. Hingga pada akhirnya hati ini mengatakan ok gapapa hide dulu namun yang terpenting harus ada follow up terhadap keluhan yang A’A tulis tersebut. Perkara ini sudah menjadi hal yang tidak janggal lagi karena yang terpenting adalah ada follow up dan keseriusan pabrikan menanganinya. Sesederhana itu cak…

Kemudian seiring berjalannya sang waktu dan mulai berubahnya fungsi blog karena perubahan zaman, dari yang awalnya hanya sebagai penyalur uneg-uneg, warung ini mulai mempunyai fungsi ganda yakni sebagai corong pabrikan. Ya, sebagai corong informasi bahwa pabrikan punya produk yang worth to buy dan lain sebagainya. You name it deh cak…

Cukup lama juga berada pada dua fungsi ini hingga akhirnya beberapa tawaran kerjasama masuk ke news room. Sesuatu yang sama sekali tidak pernah berani A’A angankan saat diawal ngeblog dulu karena sekali lagi warung ini rilis hanya sebagai sarana penyaluran uneg-uneg saja, tidak lebih. Apakah A’A menerima tawaran tersebut? Ya jelas diterima karena A’A menganggap ini adalah sebuah apresiasi terhadap tulisan-tulisan A’A diwarung pinggiran ini.

Lantas apakah dengan adanya kerjasama ini A’A berhenti atau bahkan tidak berani menyampaikan informasi yang bersifat kritikan? Untuk point ini, tetap cak… A’A tetap menyampaikan kritikan jika A’A mendapati hal yang memang perlu dikritik. Masih sama seperti dahulu kala namun dengan bahasa yang lebih santun… Bukan karena embel-embel kerjasama namun lebih kepada pendewasaan diri bahwa kritik itu juga bisa disampaikan dengan bahasa yang halus dan santun.

Dan anehnya ada saja yang menuding bahwa A’A tidak berani lagi menyampaikan kritikan karena sudah terikat kerjasama. 😂😂😂😂😂 Dan parahnya sampai membawa bawa nominal dan benefit yang A’A dapatkan. Duh gimana ya ngadepin persepsi yang kayak gini?Namun disini perlu A’A tegaskan bahwa berapapun nominal dan benefit tersebut terlepas dari besar ataupun kecilnya, itu adalah rejeki dan sangat layak untuk disyukuri. Syukuri bahwa ini adalah apresiasi terhadap passion dalam menulis, bukan melulu tentang kata berapa.

So, sekali lagi A’A selalu menekankan hati ini untuk senantiasa bersyukur atas apapun dan bagaimanapun cara pabrikan mengapresiasi. Intinya tetap syukuri karena A’A sadar bahwa diluar sana banyak sekali Blogger berkualitas lebih baik yang ingin berada diposisi ini; Diperhatikan dan di-sponsori oleh pabrikan.

Salam santuy…

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di umum dan tag , , . Tandai permalink.