Review CRF150L, Performa Dan Handling Jempolan!!! Sinyal Bahaya Untuk Kawasaki KLX150!

aerox

atasaspal.com – Kang bro… Setelah sebelumnya A’A sempat menjajal CRF150L di atas aspal, maka rasanya kurang afdhol jika tidak menjajalnya dimedan off road karena memang sejatinya status positioning sang dual purpose ini sebagai motor on-off sport. Dan Alhamdulillah akhirnya A’A bisa merasakan sensasi mengendarai sang pesaing KLX150 Series ini di sebuah sirkuit dadakan dilautan pasir Bromo yang sudah terkenal tanpa belas kasihan melumpuhkan keegoan motor-motor baru! Lantas, bagaimana first impression yang A’A rasakan saat menguji sang motor trabas ini? Monggo lanjut membaca

performa crf150l

Walaupun cuma merasakan 2 lap saja dan terasa sangat jauh dari kata puas soal durasi test ride yang diberikan akibat keterbatasan waktu karena harus bergantian dengan rekan-rekan Media, Blogger dan Komunitas yang membludak dan begitu antusias, A’A akan mencoba menjabarkan pengalaman singkat ini kepada Panjenengan semua. Ya, minimal bisa sedikit mengobati rasa penasaran Panjenengan semua terhadap performa, handling dan pengereman CRF150L ketika diajak sedikit ‘brutal’ dimedan off road. Walaupun jujur sekali lagi dengan hanya 2 lap saja, A’A kurang mampu untuk menggali potensi dari CRF150L. Penasaran pakde?

trabas CRF150L Bromo

Dimana Letak Sensor Speed CRF150L? Ternyata Ada Di….

Baiklah langsung saja ya pakde budhe, kangmas mbakyu…. kita bahas 1 by 1 performa handling dan pengereman CRF150L.

Harga Kredit CRF150L Tulungagung DP Mulai Dari Rp 3 Jutaan! Sedap Nih Pakde….

Performa CRF150L

Di era modern seperti sekarang ini pasti performa motor baru selalu menjadi tajuk yang sangat menarik untuk dibahas dan diketahui… memble sedikit saja tentu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan ‘hidup’ dari sang motor karena akan menjadi sasaran empuk kritik atau bahkan ada sedikit hujatan dari warganet yang akhir-akhir ini sangat terbuka menyampaikan uneg-unegnya di media sosial. Lalu bagaimanakah dengan performa CRF150L dimedan off road?

Sebagai motor bergenre on-off sport, CRF150L yang mengusung spesifikasi mesin 150cc SOHC berpendingin udara, PGM-FI dengan 5 percepatan transmisi, CRF150L ini mampu memuntahkan torsi puncak di angka 12,43 Nm / 6.500 rpm. Artinya, dengan output torsi sebesar ini dikolaborasikan dengan gear/sproket belakang berukuran 42 mata, sudah barang tentu anda akan bisa merasakan tarikan spontannya. Walaupun torsinya tidak begitu mengintimidasi namun sudah sedikit lebih baik dari kompetitor yang dibidik dan juga sudah lebih dari cukup untuk digunakan harian.

Lalu bagaimana jika digunakan untuk keperluan kompetisi? Walaupun sudah mempunyai ‘nafas’ khas motor kompetisi, nampaknya CRF150L harus dioprek terlebih dahulu demi performa yang lebih maksimal lagi karena potensi kuda besi ini masih sangat bisa dieksplore lebih jauh lagi. Nah…. makin penasaran ya? hehehehe… Ok, kita lanjutkan lagi ke bahasan selanjutnya yakni handling CRF150L.

handling CRF150L

WhatsApp Image 2017-12-04 at 5.20.50 PM

Mendapat giliran turun kelintasan sirkuit Lautan Pasir Bromo setelah beberapa kali rombongan Media dan Blogger mengacak-acak sirkuit pasir ini, A’A merasa mendapat berkah untuk menguji Handling CRF150L. Lah kenapa emange? Jadi gini kang… dengan sudah acak-acakannya lintasan sirkuit, tentu ini menjadi sebuah nilai plus untuk mengetahui handling sang dual purpose Honda 150cc pesaing KLX150 series ini melintasi medan berpasir yang bisa dikatakan mulai mencengkeram roda kang… gimana rasanya saat dibuat bermanufer?

Mengusung desain frame semi double cradle, nyatanya handling CRF150L ternyata cukup ampuh saat A’A pakai menaklukkan lintasan yang sudah amburadul dengan kecepatan yang lumayan cepat… cukup seimbangkan badan kekiri dan kekanan untuk mengimbangi gerakan motor yang dipaksa oleh kondisi sirkuit yang sudah ‘rusak’ dan alhasil, CRF150L menjadi motor yang nurut dan ringan. Jangan diukur ataupun dikomparasi dengan kecepatan crosser loh ya karena ini menurut pendapat peribadi A’A yang memang masih awam akan motor trabas….

Lalu sumbangsih dari apa kok bisa enak gitu? Apakah ini sumbangsih dari perpaduan sasis semi double crandle dan suspensi USD SHOWA berdiameter 37 mm? Kemungkinan terbesarnya adalah itu kang… Namun sayang sekali tidak ada waktu untuk mengeksplorasi motor ini lebih dalam… padahal aseli pengen nambah lagi… wkwkwkwk….

Pengereman CRF150L

Performa, Handling dan Pengereman adalah sebuah paket yang tidak bisa dipisahkan… Ibarat menu makanan adalah sebagai nasi, lauk pauk dan juga air minumnya. Jika salah satunya dirasa kurang mumpuni, maka akan mempengaruhi nilai dari keseluruhan motor. Dan ini juga berlaku untuk CRF150L! ya, Performa menjanjikan dan handling jempolan namun bagaimana dengan sisi pengereman dari sang motor trail 150cc Honda pesaing KLX150 series ini?

Dari sisi pengereman, CRF150L yang dibekali dengan rem merk Nissin berdesain Wavy yang khas dengan motor-motor edisi spesial dengan ukuran 240mm dua piston depan dan 220mm satu piston belakang, cukup ampuh dalam mengurangi laju sang kuda besi dan A’A merasakan tidak adanya gejala ngeloyor saat laju sang kuda besi diperlahankan dengan agak cepat. seeeeet…. jan wenak kang… nurut banget….

Kesimpulan

Dengan basis mesin Megapro 150FI yang nyatanya banyak sekali perbedaan soal jeroan (kita bahas diartikel terpisah) nyatanya secara keseluruhan CRF150L ini mampu memberikan kepuasan tersendiri… Setidaknya inilah yang A’A rasakan saat test singkat sang motor trail ini baik di atas aspal ataupun di atas sirkuit off road / berpasir. Namun, jujur kang…. setelah menjajal dua kondisi alam (aspal dan non aspal) secara singkat A’A semakin penasaran dengan performa handling dan pengereman sang kuda besi. Pengen banget untuk setidaknya bisa melakukan daily use review motor trail Honda ini…

So, apakah ada pemilik CRF150L (Pucanglaban) Tulungagung yang motornya boleh A’A pinjam untuk daily use review? kalau ada kabar-kabar ya kang…. wkwkwkwkwk…

 

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal

Keep Safety Riding…

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di 150cc, adventure, honda, komunitas, review, Test Ride, tips trik, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s