Nonton Langsung MotoGP Mandalika Tidak Seindah Frame IG! Frustrasi Tapi Happy!

atasaspal.com – Masih dalam kondisi gagal move on dari nonton langsung disirkuit motoGP Mandalika 2022 bersama Yamaha STSJ, Main Dealer Yamaha di Jatim, Nusa Tenggara dan Kalimantan! Bener-bener menguras emosi dan bikin frustrasi sepanjang hari tapi bikin happy! Nah loh maksudnya gimana coba sesuatu hal yang saling bertolak belakang dirasakan dalam satu waktu? Tentunya hanya kita yang menonton langsung disirkuit paling indah didunia ini yang dapat merasakan sensasinya. Sementara yang menonton dari rumah, maaf jangan iri dengan sensasi yang mana lebih menguras tenaga jiwa dan raga dibanding dengan malam pertama pengantin baru yang menggebu!

Jika sirkuit Sepang Malaysia jadi acuannya, mohon maaf bukan mendeskreditkan Mandalika namun pada kenyataannya memang masih teramat jauh diperbandingkan dari sarana dan prasarana diluar lintasan sirkuit dengan 17 tikungan ini. Tidak adil jika membandingkannya karena memang sirkuit milik Malaysia tersebut sudah siap dari segi sarana, prasarana dan sumberdaya juga benar-benar berpengalaman dalam penyelenggaraan. Sedangkan Indonesia? Ini adalah event pertama setelah 25 tahun dan juga menjadi yang pertama dibumi Lombok! Semua kekurangan? Sejenak mari kita anggap saja sebagai sesuatu yang wajar dan menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi untuk next event. Perjalanan masih sangat panjang!

Jika dalam artikel terdahulu A’A membahas tentang experience day 3 goes to Mandalika hanya sekilas tentang sebuah perjalanan, anggap saja pada artikel kali ini merupakan sebuah bentuk penegas darinya. Yup, motoGP Mandalika 2022 memang sukses digelar baik dari segi perlombaan, entertaint, branding dan juga markating! MotoGP Mandalika 2022 menyajikan paket hiburan yang lengkap bagi penonton mulai dari wet race yang menarik, kegiatan dan aksi para pembalap dunia di luar sirkuit, hingga drama kemunculan mbak Rara sang pawang hujan yang begitu menyedot perhatian dunia!

Dan perlu untuk diketahui bahwa hingga sebelum MotoGP Mandalika 2022 digelar, belum pernah ada seri balapan MotoGP yang membuat heboh seperti MotoGP Mandalika! Belum pernah ada satupun seri balapan yang mampu membuat semua pihak terhibur seperti balapan di Sirkuit kebanggaan Indonesia tercinta ini. Ah… begitu beruntungnya A’A bisa menjadi salah satu saksi yang hadir disirkuit beserta rombongan Yamaha STSJ!

Semua yang tersajikan seolah menjadi pengobat atas rasa lelah dan frustrasi yang dilalui dari mulai Parkir Timur, dimana kendaraan yang A’A tumpangi harus menambatkan diri. Antrian panjang berdesak-desakan saat harus scan aplikasi peduli lindungi dan juga kacaunya antrian saat akan naik suttle bus ke sirkuit! Juga ‘siksaan’ diarea parkir sirkuit kembali harus berjubel saat screening login sang aplikasi dan juga pemeriksaan tas bawaan! Ah…. berjubel dipanasan, berdesak-desakan dan tidak terhindarkan langsung dari bersentuhan fisik! Sebuah hal yang menghawatirkan diera pandemi ini! Semoga hal ini menjadi salah satu concern utama untuk bahan evaluasi para instansi yang berwenang!

Apakah keruwetan dan segala tetek bengeknya sudah berakhir sampai disini? Absolutly not! Yup, area parkir sirkuit yang masih berupa tanah uruk dan belum beraspal sekali lagi bikin frustrasi karena baru diguyur hujan hingga menyebabkannya berlumpur! Jubelan penonton akhirnya berbecek-becek ria hanya untuk sekedar berjalan kejalan raya sirkuit yang hanya berjarak sekitar 200m! Sampai disini saja? Tentu saja tidak! Ugh…. kembali penonton harus gigit jari, suttle bus yang diharapkan bisa ditumpangi, nyatanya sudah penuh terisi hingga memaksa untuk lebih jauh dan jauh lagi berjalan kaki demi harapan sesegera mungkin menemukan tumpangan untuk dinaiki!

Ada yang kesampaian naik bus walaupun toh pada akhirnya kembali harus jalan kaki ke parkiran karena crowded-nya lalu lintas yang hanya terdiri masing-masing dua lajur kendaraan pada masing masing arahnya. Itu bisa disebut cukup beruntung karena tidak harus full jalan jaki dari sirkuit menuju keparkiran yang berjarak berkilo-kilo meter jauhnya. Sudah selesai? Ahay…. jauh psnggang dari api. Tentu belum! Di parkiran juga antri untuk keluar. Jika ditotal secara jam dari keluar sirkuit jam 17 wita sampai hotel Santika Mataram jam 12an malam, fiuh…. 7 jam waktu dihabiskan! Sesuatu yang sangat tidak menyamankan!

Namun sekali lagi, kembali pada kenyataan bahwa ini adalah event pertama setelah 25 tahun absen dari negeri tercinta dan pertama kali dihelat dibumi Lombok, mari kita anggap wajar saja dan dijadikan sebagai bahan evaluai dan perbaikan untuk gelaran-gelaran selanjutnya karena keindahan Mandalika saja tidak cukup untuk sekedar dinikmati karena penonton butuh kenyamananan!

Apresiasi dari fihak luar sudah mengalir deras bahkan lebih deras dari curah sang hujan saat race day. Ini pekerjaan kita semua sebagai warga Indonesia dan bukan hanya tanggung jawab MGPA dan ITDC! So, mari kita sukseskan event-event selanjutnya baik sebagai tuan rumah ataupun sebagai penonton yang hadir disirkuit nan mempesona ini.

Ah…. kendatipun perjuangan ini tidak seindah yang terpampang pada frame ig dan berbagai platform media sosial lainnya dan benar-benar kondisi yang membuat frustrasi, namun juga sangat membuat diri ini happy! Kenapa? Karena bisa menyaksikan secara langsung pagelaran bersejarah ini dan juga seru-seruan bareng yang tentunya tidak bisa dirasakan sensasinya jika hanya menonton dari layar kaca! Iam so happy and absolutly yess! No doubt it!

Terimakasih atas apresiasinya Yamaha STSJ, jadi ketagihan pengen diajak nyirkuit dan halan-halan lagee… aseli A’A masih gagal move on dari healing kemarin! Thanks alot….

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di adventure, balap, komunitas, motogp, umum, yamaha dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.