Lebih Value Mana Antara Yamaha NMAX Dan Yamaha Lexi Dari Sudut Pandang Konsumen?

aerox

aerox

atasaspal.com – Lebih Value mana sih antara Yamaha NMAX dan Yamaha Lexi? Sebuah pertanyaan yang kelihatannya tidak masuk akal untuk dijawab karena terkesan asal-asalan dan asal njeplak saja. Namun kalau sudi difikirkan dan direnungkan dengan dalam dan jernih, maka pertanyaan tersebut adalah sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk dicarikan jawabannya dan diulas dengan santai… sesantai saat ditepi pantai ataupun saat ngopi dipagi hari karena semua pun tahu bahwa kedua motor ini beda segmentasi namun kok nekat dikomparasi. Untuk itu, pada Artikel #yamahatoday #yamahabalinewscontest ini dengan khusus A’A akan mencoba mengungkap fakta yang terjadi dilapangan sehingga kita bisa tercerahkan.

Sedikit mengulas tentang Spesifikasi Yamaha NMAX dan Yamaha Lexi, yang satu 155cc dan satunya 125cc… sama-sama dibenamkan teknologi VVA (Variable valve Actuation) yang berkerja berdasarkan putaran mesin dan berada pada keluarga yang sama yakni MAXI Family. Namun secara fitur, kendati mempunyai kubikasi mesin yang lebih kecil, yamaha Lexi lebih lengkap berbanding NMAX. Sebut saja Hazzard lamp dan juga penyematan kunci keyless ignitation.

Kembali ke pertanyaan diatas… lebih value mana sih antara Yamaha NMAX dan Yamaha Lexi? Jawaban induknya adalah tergantung siapa yang ditanya. Sesederhana itu saja, sesederhana menarik dan menghembuskan nafas anugerah Illahi ini cak… Namun jangan terkecoh dengan jawaban sederhana tersebut karena itu hanyalah sampul pada sebuah buku tebal yang mungkin tidak akan habis dibaca tujuh hari tujuh malam… Terlalu panjang juga tentunya jika diulas sampai keakarnya namun disini kita mencoba menarik garis besarnya sehingga diharapkan kita bisa tercerahkan kalau kedua motor ini memang tidak ada salahnya juga dikomparasi. Maka dari itu kita bedah perlahan-lahan… kita kulik tentang kedua motor tersebut.

SEGMENTASI YAMAHA NMAX DAN YAMAHA LEXI.

Jika pertanyaan tersebut diatas ditanyakan kepada market entry level, maka jawabannya adalah Yamaha Lexi lebih value for money, value for fungsionality. Sebuah fakta yang tidak perlu diperdebatkan lagi. Jelas karena yang secara harga, Yamaha Lexi berada pada harga Rp 21 jutaan untuk versi terrendah dan Rp 27 jutaan untuk versi tertinggi OTR Bali lebih rasional untuk dimiliki pada kelas pasar ini ketimbang Yamaha NMAX yang dibanderol Rp 29 hingga 31 jutaan. Juga tentunya konsumsi BBM nya yang lebih irit menjadi daya pikat yang susah untuk tidak diiyakan…. Dan pada segment ini, ‘kemasan’ irit masih menjadi salah satu pertimbangan terbesar dalam memilih motor harian. Dan yang kedua secara fungsionalitas, suka tidak suka, diakui ataupun tidak, Yamaha Lexi selangkah lebih baik karena mengusung dek model rata yang salah satu fungsinya adalah ‘galonable’. No doubt it !

Namun jawaban tersebut akan bertolak belakang alias berbalik 180° saat ditanyakan kepada konsumen menengah keatas alias mid end level. Kenapa? Karena pada kelas ini mayoritas pengguna Yamaha NMAX adalah konsumen yang keekonomiannya sudah mapan dan minoritasnya adalah karena ingin pengakuan pencapaian status sosial. Selebihnya adalah jenis konsumen dengan alasan lain-lain. Maksudnya? Ok lets continue reading dan jangan lupa sruput juga kopinya

Yang pertama kita bahas adalah konsumen mapan. Pada kelas ini konsumen sudah tidak begitu menghiraukan fungsionalitas dan atau efesiensi bahan bakar karena sebagian besar pembeli dan pengguna Yamaha NMAX adalah konsumen yang mempunyai kendaraan lebih dari satu. Yang mana Yamaha NMAX ini digunakan bukan sebagai kendaraan harian utama namun lebih kepada sebuah motor kongkow, motor jalan-jalan al motor syantique… ketoko? Kepasar? Biasanya lebih menggunakan motor lainnya. Disini Yamaha NMAX diposisikan sebagai motor kedua ataupun ketiga dalam aktifitas harian. Pada kelas ini, penggunanya adalah pendamba pride dan kenyamanan dalam berkendara.

Yang kedua, kenapa diatas A’A sebut tentang tipe konsumen yang membutuhkan pengakuan pencapaian status sosial? Masih ingat pada zaman keemasan V-ixion? Pada waktu itu, orang yang mampu membeli motor sport Yamaha tersebut secara tidak tersurat strata status sosialnya langsung meningkat. Pride nya dapat banget. Seolah-olah orang yang beli Vixion itu adalah orang yang berhasil secara ekonomi. Dan hal ini berjalan dengan sangat natural. Itu kurun waktu itu standartnya ya Vixion… Dan sekarang diakui atau tidak, standartnya matic kelas mid end ya si NMAX ini… Makanya, tidak heran jika ada konsumen yang ‘memaksakan’ membeli Yamaha NMAX dengan bantuan fasilitas fihak ketiga alias leasing kendatipun secara keekonomian lebih cocok berada pada kelas entry level. Karena apa? Karena mengejar PRIDE nya si Yamaha NMAX ini…

So, sudah mulai tercerahkan kan dengan ulasan A’A diatas? Ok, lanjuuuut…

FAKTA YAMAHA NMAX LEBIH LARIS BERBANDING LEXI

Fakta dilapangan jelas menggambarkan bahwa yamaha NMAX lebih laris ketimbang Lexi. Apakah ini bukan sebuah fakta bahwa NMAX memang lebih memiliki sisi valuable nya berbanding Lexi dari sudut pandang konsumen? Kalau begitu segment mid end lebih besar sari entry level dong? Eit tunggu dulu karena untuk sisi ini banyak variable yang mempengaruhinya antara lain PRIDE dan kemapanan ekonomi yang sudah A’A sebut diatas. Namun selain itu ada faktor lainnya yang sangat berpengaruh yakni brand image ! Semua tahu kan karakter market Indonesia? Ya, unsur PRIDE suatu produk terkadang mengambil porsi yang besar dalam menentukan motor apa yang akan dibeli. Soal isi tabungan pas-pasan bukan suatu halangan yang penting motor idaman dapat dimiliki. Dan disini Yamaha NMAX dengan sangat ciamik memerankan perannya.

NMAX jelas jauh lebih dikenal dan mempunyai daya pikat lebih baik ketimbang Lexi. Dan ini bukan sesuatu hal yang mengherankan. Kenapa? Yang pertama tentunya karena NMAX hadir dan berhasil menjadi standart premium kelas matic besar 150 Indonesia jauh sebelum Lexi datang. Sudah kebayang kan gimana kuatnya brand image Yamaha NMAX mengakar kuat di mindset konsumen kemudian Lexi datang dan berjuang memperkenalkan diri, berusaha memikat publik pada saat Yamaha NMAX sedang dalam kondisi kuat-kuatnya. Disini butuh waktu bagi Lexi untuk bisa seseksi NMAX dimata konsumen. Dan faktor kedua adalah Positioning antara kedua motor MAXI Yamaha ini. Disini Yamaha NMAX lebih diuntungkan karena diposisikan sebagai top level matic kelas 150 Yamaha sedangkan Lexi menjadi varian Entry Level dari MAXI Yamaha yang kebanyakannya sebagai penampung konsumen yang tidak cukup tabungan untuk membeli NMAX ataupun Aerox 155 VVA. Dari sisi ini tentunya Pride NMAX jelas tak tergoyahkan.

So, dari pertanyaan mana yang lebih value antara Yamaha NMAX dan Yamaha Lexi dimata konsumen dapat disimpulkan jawabannya adalah dari kedua motor MAXI Yamaha itu sama-sama mempunyai tingkat value yang sangat tinggi. Semua tergantung kebutuhan dan keinginan dari konsumen karena konsumem sendirilah yang lebih tahu mana yang menjadi prioritasnya.

Semoga berguna….

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di 125cc, 150cc, matik, moladin, review, umum, yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lebih Value Mana Antara Yamaha NMAX Dan Yamaha Lexi Dari Sudut Pandang Konsumen?

  1. PotretBikers berkata:

    Wes tak LIKE,pak….mugo² menang, ben ndak Galau terus…🙊🙊🙊

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s