Tips Merawat Helm Yang Baik Dan Benar. Tenyata Selama Ini Sudah Salah Kaprah !

atasaspal.com – Cak…. bagi kita yang sebagai biker, tentunya helm menjadi peranti wajib keselamatan yang harus dipakai dalam berkendara. Namun pada faktanya banyak diantara kita yang hanya sekedar menggunakan tanpa mahu merawatnya. Ada juga yang care terhadap perawatan helm namun tidak kurang juga diantaranya yang kurang tahu cara merawat helm yang baik dan benar itu seperti apa. Untuk itu pada artikel kali ini A’A akan membahas cara merawat helm yang baik dan benar agar tidak salah kaprah dalam cara kita merawat helm tersayang. La terus carane gimana? Maka dari itu hayuk lanjut membaca dan jangan lupa kopi dan cemilan sebagai peneman… ok?

Helm Paket Pembelian Honda ADV 150

Yup cak… banyak dari kita menggunakan cara yang standart dalam menggunakan helm untuk tetap menjaganya dalam kondisi yang optimal sesuai dengan fungsinya. Biasanya paling cuman di-lap saja saat akan digunakan atau setelah digunakan… hayo ngaku siapa yang selalu melakukan seperti ini? Kalo iya, berarti sama seperti A’A. 😂

Namun ternyata cak, cara memperlakukan helm seperti diatas itu salah kaprah karena jauh dari hasil yang diharapkan yakni tetap optimal sesuai dengan fungsi helm baik dari segi safety maupun beauty…. la terus yang benar gimana???

Walaupun menurut sebagian besar dari kita terkesan ribet, namun toh memang inilah cara yang baik merawat helm. Penasaran,? Ini dia 10 cara merawat helm dari Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM). Monggo disimak.

10 Cara Merawat Helm Yang Baik Dan Benar

  1. Saat helm terlihat kotor dan kusam terkena debu, hujan ataupun kotoran, bersihkan bagian luar helm dengan menggunakan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm. Dan penggunaan kain dengan serat halus seperti kainmicro fiber lebih dianjurkan karena dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan. Helm apik-apik lak lecet kan sayang sekali kan pakde.
  2. Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm. Kenapa? karena biasanya pembersih kaca tersebut mengandung amonia, sebuah zat yang dapat merusak polikarbonat pada visor. Sayang banget kan jika misalnya visor helm kesayangan sampe tingkat kejernihannya menurun? Iso mempengaruhi faktor psikologis njenengan iki…. arep show of malah gak jadi karena visornya gitu 😜
  3. Untuk menjaga sirkulasi udara pada helm tetap dalam kondisi optimal, gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi. Tujuannya adalah untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.
  4. Sedangkan untuk bagian tengah helm, cukup bersihkan dengan cara di lap dengan kain micro fiber kering. Dan ingat cak… hindari menyiram lapisan tengah dengan air karena bisa berakibat sangat fatal. Maksude? Mrnyiram bagisn tengah helm dengan air bisa mengakibatkan menurunnya kualitas daya redam sterofoam, mengurangi kekuatan perekat sterofoam pada helm dan juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal. Nah kan…. ngeri banget akibatnya.
  5. Sementara itu untuk pembersihan lapisan dalam portable helm, untuk lapisan dalam portable dapat dilepas semua lapisan dalam helm tersebut kemudian rendam dan cuci dengan lembut menggunakan tangan. Dan ingat… hindari menggunakan sikat karena berpotensi bisa merusak kain pelapisnya. Setelah itu bilas hingga bersih lalu tepuk – tepuk dan keringkan dengan cara di jemur. Note: jangan gunakan pemanas karena panas berlebih dapat merusak kualitas busa helm.
  6. Sedangkan untuk lapisan dalam permanen pada helm, gunakan air hangat dan shampo khusus atau sabun kemudian masukkan helm dengan posisi seperti saat digunakan (jangan dengan posisi terbalik). Posisikan visor helm pada posisi terbuka dan gunakan jari untuk menggosok lapisan dalamnya. Kemudian angkat helm dan bilas sehingga tidak ada sisa shampo atau sabun yang masih menempel. Tekan busa helm perlahan untuk menghilangkan sisa air dan lakukan pengeringan.
  7. Setelah proses pengeringan selesai, untuk menjaga fungsi engsel helm tetap maksimal, lumasi bagian engsel helm seperti engsel tali helm dan engsel visor menggunakan pelumas helm atau baby oil.
  8. Kemudian setelah helm bersih dan untuk tetap menjaga kualitasnya, lapisi helm dengan pelapis khusus helm sehingga tetap berkilau dan terjaga kualitas cat helm tersebut.
  9. Gunakan helmet liner ataipun helmet cup untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm saat berkendara. Eman-eman banget kalau keringat yang terserap tersebut sampai menimbulkan bau tidak sedap dan juga menimbulkan jamur. Selain itu juga keringat dapat menurunkan kualitas dari busa helm. Weleh weleeeeeh…
  10. Terakhir, setelah helm selesai digunakan jangan langsung masukkan ke dalam tas. Kenapa? Biasanya helm yang baru digunakan mayoritas anan berada pada keadaan lembab.Jika hal ini dilakukan bisa berakibat menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengakibatkan berjamur.

Nah itu tadi 10 tips cara merawat helm yang baik dan benar cak…. sudah pada ngeh kan ya? Dan pertanyaan lanjutannya adalah kapan waktu yang tepat atau jeda berapa lama untuk membersihkan helm? Jawabannya adalah tergantung intensitas pemakaian cak….

Jika helm digunakan setiap hari, waktu yang pas untuk membersihkannya ya segera bersihkan jika kena hujan dan jika tidak kena banyu langit ya sekitar seminggu sekali. Namun jika jarang dipakai, cukup dibersihkan sebulan sekali….

Duh…. ternyata udah panjang kali lebar ya cak…. wes dulu ya…. dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan tetap cari aman saat berkendara. Ok?

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di adventure, Helm, honda, matik, umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Tips Merawat Helm Yang Baik Dan Benar. Tenyata Selama Ini Sudah Salah Kaprah !

  1. 3835info berkata:

    Wah bermanfaat banget nih, semoga besok bisa memiliki helm papan atas agar ga salah merawat

    Suka

  2. IndoRide.com berkata:

    Info yang bermanfaat nih, lumayan di masa PSBB

    Suka

  3. andikadiego berkata:

    iyes, mumpung di rumah aja, ada waktu untuk bersihin helm ya

    Suka

  4. warungasep berkata:

    Wow nice info

    Suka

  5. Elang Jalanan berkata:

    Alhamdulillah wis weru saiki, sing penting ora dijemur opo mene dibiarkan lembab

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.