Jangan Bonceng Anak Di Jok Depan… Bahaya Dan Menyalahi Aturan !

aerox

aerox

atasaspal.com – Cak… banyak orang tua atau mungkin kita juga pernah ataupun sering membonceng anak kecil di bagian jok depan sepeda motor. Anggapan kita, dengan ditempatkan didepan, kita akan lebih nyaman, leluasa dan lebih selamat dalam berkendara. Namun ternyata faktanya bertolak belakang dengan apa yang kita fikirkan karena tidak sesuai dengan norma safety dan legal hukum loh… Waladalah….

Iya cak… menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), apa pun jenis transmisi motor tersebut, menempatkan anak kecil di jok depan sangat tidak dibenarkan dalam aspek keselamatan berlalu lintas.

“Jangan melihat penyebab langsungnya. Dalam konteks kecelakaan ini, membawa anak kecil dan ditaruh di depan adalah bentuk kelalaian fatal yang tidak dapat ditoleransi baik pada norma safety maupun legal hukum,” kata Jusri kepada Kompas.

Lebih lanjut lagi do’i mengatakan jika membonceng anak kecil, pengendara disarankan untuk menempatkannya di jok belakang. Namun dengan catatan bahwa kaki si anak tersebut sudah dapat menyentuh pijakan kaki dengan optimal sehingga diharapkan jika terjadi sesuatu hal, tumpuan kakinya pada pijakan bisa mengoptimalkan keseimbangan sehingga tidak mudah limbung…

“Kalau kedua kakinya belum dapat menyetuh pijakan kaki dengan optimal, maka tidak direkomendasikan. Sebab, si anak akan rentan keseimbangannya dan ini membahayakan,” ujar Jusri.

So, sudah tahu kan sekarang bahwa membonceng anak kecil dan ditempatkan didepan itu kurang safety dan juga legal hukum? Yuk #Cari_Aman dalam berkendara cak…. sayangi diri, sayangi buah hati, sayangi keluarga dan orang sekitar….

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding

Pos ini dipublikasikan di umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s