Mengenang Teknologi RC Valve Honda NSR 150… Ternyata Canggih juga…

aerox
aerox

atasaspal.com – Pakde… Zaman kegemilangan mesin konfigurasi 2 tak sudah lama berlalu namun tentu tidak ada salahnya sedikit mengimbas, mengenang dan bernostalgia tentangnya… tentang fitur RC Valve ( Revolutionary Contrelled Valve ) yang dijejalkan Honda pada NSR 150. Apa itu RC Valve? Revolutionary Contrelled Valve merupakan sistem katup yang terdapat pada mesin 2 tak yang fungsinya adalah untuk mengatur besaran lubang buang secara eketronis.

RC Valve NSR 150

Dengan teknologi ini, tujuannya adalah agar mesin  dapat menghasilkan tenaga maskimal sesuai dengan putarannya baik itu pada putaran mesin rendah, tinggi, atau menengah. Atau secara bahasa sederhanaya adalah RC Valve ini memiliki fungsi buka tutup katup. Saat berada di RPM rendah, maka katup akan menutup, dan akan akan terbuka saat berada di rpm tinggi sehingga dapat menghasilkan akselerasi yang maksimal. Gimana cak? sampai disini sudah faham kan?

Nah… RC Valve sendiri memiliki komponen pendukung antara lain motor servo, unit pengontrol, katup pembuangan, serta kabel pengontrol yang akan menghubungkan motor servo dengan katup pembuangan. Jadi perlu diketahui juga bahwasannya RC Valve ini juga berhubungan dengan komponen kelistrikan seperti kiprok dan juga aki tentunya.

Adapun cara kerjanya dari RC Valve uini adalah CDI akan mendeteksi putaran mesin yang kemudian akan dikirimkan sinyal ke motor servo guna menentukan besaran katur pada lubang buang sesuai dengan kondisi putaran pada mesin. Nah agar RC Valve ini dapat bekerja dengan maksimal, tentunya bagian komponen kelistrikan pun harus mempunyai timing dengan pas karena jika tidak, maka tidak akan bisa bekerja dengan optimal…

Memang RC Valve ini harus diperhatikan secara khusus, sebab sistem kerjanya melibatkan banyak perangkat elektronik khususnya dalam sistem kelistrikan. Apabila sampai terdapat masalah kelistrikan yang tidak sedikit, maka RC Valve pada Honda NSR 150 akan rawan dengan kerusakan. Meskipun cukup rumit, kehadiran RC Valve ini sangat memberikan dampak signifikan terhadap kinerja motor antara lain membantu motor untuk berakselerasi lebih kencang dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

So, itu tadi fungsi daripada RC Valve pada Honda NSR 150 cak… Ternyata pada jaman dulu teknologi sudah semaju itu ya… BTW saat ini masih ada yang punya Honda NSR 150? Kalau masih, berbahagialah karena menjadi pemilik dari motor yang pernah berjaya pada zamannya….

 

Contact Person

Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
IG: atasaspal
youtube: atasaspal vlog

Keep Safety Riding…

Pos ini dipublikasikan di 150cc, honda, moladin, umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s