Menjadi TKI sekaligus Blogger Itu Memang Sesuatu… Pengen Nyoba?

aerox

atasaspal.com – Brosis sekalian, pada awalnya, menjadi Blogger itu bukan cita-cita A’A semasa bekerja di Luar Negeri (TKI). Tidak ada sama sekali terbersit keinginan untuk menekuni dunia ini karena jujur, untuk menghidupkan dan mematikan komputer saja A’A tidak mengerti! Namun semenjak A’A berkenalan dengan seorang Pemuda Malaysia bernama Rumizi disebuah project pembangunan sekolah rendah di Batu Rakit, Terengganu, yang kemudiannya dengan seiring berjalannya sang waktu menjadi ‘saudara’, perlahan namun pasti A’A yang memang sama sekali tidak mengerti tentang komputer apalagi yang namanya nge-blog, diperkenalkan dan diajarkan tentang microsoft ala kadarnya.

blogger luar negeri 1

Laptop Pertama

Setelah diajarkan ala kadarnya, kemudian A’A memutuskan untuk membeli Laptop, ya Laptop… dan pada saat itu ketika sampai di toko komputer, A’A kebingungan mau milih laptop apa. Mau bertanyapun segan. bayangkan coba gimana cengar cengirnya A’A pada waktu itu… jan kebingungan tenan kang… Hingga akhirnya A’A menjatuhkan pilihan pada HP COMPAQ Presario CQ41 seharga RM 1900 (kalau tidak salah) dengan dasar semakin mahal berarti semakin bagus… wkwkwkwk.

blogger luar negeri

Seribu satu rasa bahagia bercampur jadi satu kang! Laptop yang saat itu masih tergolong sebagai barang mewah sukses A’A miliki! Hari demi hari dan malam demi malam, janji ada waktu senggang, laptoplah yang sebagai ‘pelampiasan’ untuk sekedar online di Yahoo Messenger dan Facebook…. Hanya itu saja, Hingga akhirnya rasa jenuh melanda…

Dari biasanya selalu buka Laptop dan online, kebiasaan itu semakin berkurang… jenuh maksimal kang…. Namun rasa jenuh itu mulai menipis dan pergi seiring ketika A’A pas mudik di Indonesia bertemu dan kenalan dengan Bro Fahri Mujito. Dari sinilah A’A mulai kenal dan belajar nge-Blog!

Mulai Nge-Blog

Pada saat itu, koneksi internet di Pucanglaban sangat jauh dari seperti saat ini kang… sangat memprihatinkan. Belajarpun hanya melalui teori karena untuk praktekpun apadaya sinyal internet sama sekali tidak mendukung. La terus piye carane blajar ngeblog? Setelah kembali lagi ke Malaysia kang… dan kebetulan Kang Fahri Pun juga masuk lagi ke Bumi Upin Ipin…

Jadi, ketika dirantauan inilah bisa dikatakan A’A mulai belajar Nge-Blog dan mulai membuat Blog pertama khoirul.blogspot.com yang kemudiannya seiring dengan waktu mengupgrade nya dengan domain pucanglaban.com yang merupakan blog gado-gado alias general nice yang A’A kelola sambil lalu saja alias sesempatnya saja ngisi kontennya…

Sekelumit suka duka dalam perjalanan ngeblog A’A diluar negeri sambil mengais rejeki pernah A’A tulis disini.

Berhenti disitu saja? tidak kang… selang beberapa tahun tepatnya 2013 silam, merasa hobi A’A tentang dunia otomotif belum tersalurkan, akhirnya membuat lagi Blog dengan domain motorreviewblog.com berplatform Blogger. Apes cak, Laptop semata wayang yang sudah berumur ini ternyata rusak ditengah jalan sehingga mau tidak mau A’A harus melupakan sejenak hasrat untuk ngeblog…

12971074_1163280550379251_6267308855255514878_o

Beberapa bulan kemudian atau tepatnya Februari 2014, hasrat untuk kembali ngeblog tidak bisa dibendung lagi… Dan akhirnya A’A merilis warung ini untuk menuangkan uneg-uneg, pendapat pribadi dan hobi tentang otomotif tanah air. Diwarung inilah A’A benar-benar merasakan betapa sulitnya berjuang melawan jenuh, membagi waktu antara hobi dan kerja.

Perjuangan tidak semudah teori

Ya, mungkin kata sederhana diatas sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana perjuangan A’A diri sendiri dan membagi waktu! La gimana tidak kang… ketika waku istirahat siang yang seharusnya digunakan untuk bersantai, berselonjor atau bahkan untuk tidur sejenak guna memulihkan stamina yang terkuras, A’A malah sibuk mentelengi layar monitor HP untuk menulis artikel.

Dan ketika malam menjelma, disaat yang lain santai nonton TV atau bahkan malah sudah tertidur dengan pulasnya, A’A juga masih disibukkan oleh hobi, ya, hanya sekedar hobi! menulis dan terus menulis… A’A tertekan? sama sekali tidak kang…. Namun kembali lagi ke perjuangan tidak semudah teori.

Perjuangan A’A dalam meracik artikel nyatanya ada efeknya terhadap kondisi kebugaran dan kesehatan…. kurang istirahat kang… gampang merasa lelah saat bekerja. Hingga akhirnya, kondisi kebugaran ini tercium oleh fihak perusahaan… jederrrrr, akhirnya secara personal A’A kena teguran terhadap performa yang dibawah standart! mendadak dunia terasa berputar-putar dan gelap kang…. Asli malu banget….

Lantas apakah A’A berhenti menulis setelah kena teguran tersebut? tidak kang… A’A tidak berhenti dalam upaya melahirkan tulisan-tulisan hati. Mencoba memutar otak, gimana caranya agar tetap bisa menulis namun performa kerja tidak terpengaruh… akhirnya A’A mendapatkan ide untuk curi waktu kerja dan ketika malam bisa A’A gunakan untuk beristirahat dengan nyaman…. Pada waktu itu A’A menjadi orang yang super nekat karena memang butuh penyaluran hasrat cak….

Selalu main umpet-umpetan dengan super visor project sesaat sebelum jam istirahat dan sebelum jam kerja dimulai hanya agar mempunyai waktu lebih panjang untuk menulis artikel, sensasinya sampai dengan saat ini belum benar- benar bisa A’A lupakan kang…. Sulit dijabarkan lewat kata!

Ah…. entahlah A’A mau nulis apalagi tentang perjuangan seorang TKI yang juga Blogger dalam melawan diri sendiri dan waktu namun jika panjenengan semua merasa penasaran dan atau seolah masih kurang percaya, monggo dicoba saja… hehehehe… Menjadi TKI sekaligus Blogger Itu Memang Benar-Benar Sesuatu… Pengen Nyoba?

Bersambung…

Contact Person
Email: atasaspal@gmail.com
Whatsapp: 085746893262
Facebook: Khoirul Anwar
Keep Safety Riding…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di opini, umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Menjadi TKI sekaligus Blogger Itu Memang Sesuatu… Pengen Nyoba?

  1. setia1heri berkata:

    Diduga ini artikel curcol 😁

    Disukai oleh 1 orang

  2. lamik gemini berkata:

    Salut kang khairul…

    Disukai oleh 1 orang

  3. motomazine berkata:

    Aku tak bloggere ae

    Disukai oleh 1 orang

  4. Mas Wiro berkata:

    Wahhh…pengalamannya joss tenan di Malaysia>>>

    Nah ini Lagu Indonesia Raya berkumandang di Malaysia 🙂
    https://nyobamoto.com/2017/04/01/race-1-ap250-arrc-gerry-salim-juara-1-memimpin-yamamoto-dan-sarmoon/

    Disukai oleh 1 orang

  5. adhitlx berkata:

    Lek dikenalne sing klambi abang ketoke ngebloge tambah semangat ki :v

    Disukai oleh 1 orang

  6. Mas Sayur berkata:

    Aku yo TKI ,cak Irul.. 😉

    Suka

  7. Nuha berkata:

    Wow …. Keren. Tularkan semangat pada yang lain mas 😃

    Suka

  8. Ping balik: Blog Kelahiran Luar Negeri, Seberapa Langka Kah? | atasaspal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s